Paparan pleret.id Mencuri Perhatian di Lomba Bantul Innovation Awards 2024

04 Juni 2024
Rifqi Fatoni
Dibaca 62 Kali
Paparan pleret.id Mencuri Perhatian di Lomba Bantul Innovation Awards 2024

Bantul, 4 Juni 2024 - Kalurahan Pleret sukses menarik perhatian dalam ajang Lomba Bantul Innovation Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bantul. Acara tersebut digelar pada Selasa, 4 Juni 2024, bertempat di RM. Sekar Mataram Kasihan Bantul.

Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. dalam presentasinya, menitikberatkan pada berbagai inovasi yang telah diimplementasikan di kalurahannya untuk mendukung Reformasi Birokrasi dan Transparansi Anggaran serta kegiatan pemerintahan Kalurahan. Salah satu inovasi unggulan yang dipaparkan adalah penggunaan WhatsApp gateway-API atau yang dikenal dengan WA Bhot, yang memudahkan pelayanan publik dan interaksi antara warga dan pemerintah kalurahan.

Dalam sesi presentasi yang mendalam, Lurah Pleret menjelaskan bagaimana sistem WA Bhot ini memfasilitasi warga untuk mendapatkan informasi dan layanan secara cepat dan efisien. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efektivitas layanan publik, tetapi juga memperkuat akuntabilitas dan transparansi di Kalurahan Pleret.

Keempat dewan juri yang berasal dari Bappeda, perwakilan Kementerian Dalam Negeri, dan tokoh perguruan tinggi memberikan penilaian terhadap paparan tersebut. Mereka mengapresiasi upaya Kalurahan Pleret dalam mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan layanan publik dan memperkuat transparansi anggaran.

"Kami sangat terkesan dengan presentasi dari Kalurahan Pleret. Inovasi yang mereka tunjukkan benar-benar sesuai dengan semangat reformasi birokrasi dan transparansi yang kami harapkan dari setiap kalurahan," ujar salah satu juri dari perwakilan Kemendagri.

Lurah Pleret sendiri merasa sangat optimis akan peluang mereka meraih juara pertama dalam kompetisi ini. "Kami telah bekerja keras untuk mengembangkan dan mengimplementasikan inovasi-inovasi ini. Kami yakin bahwa upaya kami akan membuahkan hasil yang positif," ungkapnya dengan penuh percaya diri.

Dengan inovasi-inovasi yang dihadirkan, Kalurahan Pleret berhasil menunjukkan bahwa reformasi birokrasi dan transparansi anggaran bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Partisipasi aktif dalam Lomba Bantul Innovation Awards 2024 ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kalurahan lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan publik demi kemajuan bersama.

Sekarang, semua mata tertuju pada hasil penilaian yang akan diumumkan dalam waktu dekat. Akankah Kalurahan Pleret membawa pulang gelar juara pertama? Hanya waktu yang akan menjawab. Namun, yang pasti, inovasi mereka telah mengukir prestasi dan menjadi sorotan dalam kancah inovasi tingkat kabupaten.