Berita

KULINERAN di KANDANG JARAN, Kupas Tuntas Manajemen Pengelolaan Kuliner Bali Ndeso

18 Maret 2018
Administrator
Dibaca 103 Kali
KULINERAN di KANDANG JARAN, Kupas Tuntas Manajemen Pengelolaan Kuliner Bali Ndeso

infoPleret- Berbagai acara seperti meeting, syawalan, buka bersama, reuni, dan lain-lain saat ini sangat trend dilakukan di restaurant atau rumah makan. Selain memudahkan dalam penyelenggaraan, peserta juga dapat memperoleh suasana berbeda dibanding hanya dilakukan di kantor. Pemilihan sebuah resto atau rumah makan yang akan digunakan untuk menyelenggarakan acara-acara di atas tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti lokasi, fasilitas, area, dan tentunya menu yang akan disajikan.

Dari latar belakang tersebut, pengelola kawasan wisata Banyu Kencono berencana merambah pasar kuliner sebagai salah satu daya tarik pengunjungnya. Kali ini Kuliner Bali Ndeso yang terletak di tepi sungai Mbedog, Tlogoadi, Mlati, Sleman menjadi salah satu tujuan studynya, Jumat (16/03/2018).

Rombongan ditemuai langsung oleh Manager Kuliner Bali nDeso, Buntoro di Kandang Jaran, salah satu tempat makan yg konon ceritanya bahan untuk membangun kandang jaran ini berasal dari bekas kandang kuda.

Pada kesempatan ini, diskusi terkait pengelolaan sebuah kawasan wisata kuliner menjadi topik utama. Buntoro berbagi wawasan dari rekruitmen keanggotaan, suplay bahan makanan, sampai pada penggajian para karyawan yang sudah diatas UMR Kabupaten Sleman.

Keanggotaan pengelola Kuliner Bali nDeso didominasi warga sekitar lokasi, karena memang konsep awalnya adalah pemberdayaan. Demikian juga bahan makanan sebagai menu andalan pun sebagian besar disuplay oleh warga sekitar. Menu yang di sajikan adalah menu-menu tradisonal. Pengunjung akan disuguhi menu ndeso untuk menciptakan kesan nuansa pedesaannya yang kental. 

"Konsep ndeso ini yang kami jual di Kuliner Bali nDeso, pengunjung akan dimanja dengan nuansa makanan pedesaannya sambil menikmati fasilitas lain yang kami siapkan sebagai pendukung", ujar Buntoro.

Kuliner Bali nDeso menyediakan berbagai macam menu makanan yang ditawarkan ke pengunjung dalam bentuk menu paket. Menu paket ini tersedia dari menu paket untuk perorangan, berlima, atau bersepuluh. Menu paket perorangan terdiri dari menu PAKET HEMAT yang terdiri dari Paket nDeso 1 dan Paket nDeso 2. Sedangkan untuk menu paket ber lima orang terdiri dari PAKET YUDHISTIRA, PAKET BIMA, PAKET ARJUNA, PAKET NAKULA, dan PAKET SADEWA. Untuk porsi lebih banyak yaitu menu paket ber sepuluh terdiri dari PAKET SEMAR, PAKET GARENG, PAKET PETRUK, dan PAKET BAGONG. Banyaknya pilihan paket dengan varian menu yang beragam membuat pengunjung mempunyai banyak pilihan yang sesuai dengan acara yang akan diselenggarakan.

 Paket-paket yang disebutkan di atas disajikan dalam bentuk prasmanan pada saat acara berlangsung. Jika pengunjung ingin merasakan pengalaman lain seperti makan bersama-sama dalam satu tempat yang beralaskan daun pisang, Bali nDeso menyediakan pilihan paket dahar kembul yang terdiri dari Paket KEMBUL NDESO 1, paket KEMBUL NDESO 2, dan paket KEMBUL NDESO 3

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image