PSN Langkah Nyata Basmi Sarang Nyamuk di Dusun Kedaton

02 Maret 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 240 Kali
PSN Langkah Nyata Basmi Sarang Nyamuk di Dusun Kedaton

infoPleret- PSN adalah bagian dari Program Gerakan Jumat Bersih, untuk memberantas sarang dan jentik-jentik nyamuk, yang telah lama diimbau untuk dilaksanakan di lingkungan masyarakat. Pengecekan PSN pada harini ada 60 rumah dan yang terdapat jentik-jentik nyamuk adalah 6 rumah. Target PSN 95% akan tetapi yang dapat terlaksana adalah 88%. PSN sendiri dilaksanakan di Rumah Ibu Endang Purwaningsih, A.Md Keb (Klinik Kedaton) pada Jum'at (02/03/2018)

Kemenkes menegaskan, dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya, program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan.

Kemenkes menjelaskan, Program PSN yaitu:

1. Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain

2. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

3. Mengubur, yaitu mengubur barang-barang bekas yang sudah tidak dipakai yang berpotensi adanya jentik-jentik seperti botol, kaleng, dan dsb.

 

(rga)