Berita

R.A. Kartini, Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

21 April 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 141 Kali
R.A. Kartini, Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

infoPleret- Setiap 21 April kita memperingati Hari Kartini. Pada hari itu tahun 1879, telah lahir seorang pahlawan bagi kaum perempuan yang dalam perkembangan jaman, dimana pun di seluruh dunia, sering dinomorduakan. Dialah Raden Ajeng Kartini yang sontak menggegerkan pemerintah kolonial Hindia Belanda karena perjuangannya melawan diskriminasi terhadap kaumnya.

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau lebih dikenal dengan R.A. Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita ketika beliau masih hidup. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

R.A. Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Kota Jepara. Kemudian hari kelahirannya diperingati sebagai Hari Kartini untuk menghormati jasa Kartini kepada bangsa Indonesia.

Perjuangan Kartini lebih menekankan pada tuntutan agar perempuan saat itu memperoleh pendidikan yang memadai, menaikkan derajat perempuan yang kurang dihargai pada masyarakat Jawa, dan kebebasan dalam berpendapat serta mengutarakan pikiran. Pada masa itu tuntutan tersebut, khususnya pada masyarakat Jawa, adalah lompatan besar bagi perempuan yang disuarakan oleh perempuan juga.

Maka dari itu perempuan Indonesia harus berbangga karena beliau (R.A Kartini) kita dapat bersekolah, bekerja, kedudukan disamakan seperti para laki-laki.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image