PERSIAPAN RAMADHAN, Pengajian Aisyiyah Muda

22 April 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 231 Kali
PERSIAPAN RAMADHAN, Pengajian Aisyiyah Muda

infoPleret-  Pengajian rutin Aisyiyah Muda se-Desa Pleret dilaksanakan pada hari Minggu(22/04). Pengajian kali ini dalam rangka menyambut bulan yang suci yang penuh dengan keberkahan, yakni Bulan Ramadhan 1437 H.

Ibu Muslikhah, selaku ketua, menyampaikan berbagai persiapan yang seharusnya dilakukan umat muslim dalam menyambut bulan Ramadhan, yakni:

  1. Persiapan fisik seperti menjaga kesehatan
  2. Membersihkan hati, menjaga hubungan baik dengan sesama manusia (hablumminannas), saling meminta maaf kepada sesama
  3. Persiapan secara harta atau finansial, karen banyak sekali pengeluaran selama Ramadhan tetapi asalkan kita ikhlas InsyaAlloh akan mendapatkan ganti

Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur'an yang digunakan manusia sebagai pedoman hidup di dunia. Berbagai perbuatan baik yang kita lakukan di Bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala 70x lipat, serta terampuninya segala dosa apabila kita bertaubat dengan sungguh-sungguh.

Acara inti disampaikan oleh ibu Siti Zainah dari Kepuh wetan dengan
Tema "Pendidikan Anak Menjelang Ramadhan"

Anak merupakan aset dunia dan akhirat bagi orang tua. Mengenalkan agama sejak dini kepada anak menjadi point utama dalam mendidik anak, salah satunya dengan mengenalkan anak tentang puasa Ramadhan. Siapa yg bertaqwa kepada Allah maka Allah akan memberikan kemudahan. Berikut ini bacaan surat yang disunahkan oleh Nabi, yang dibacakan setiap pagi dan sore:
Alfatihah
Al-Baqarah
Ayat kursi
Al-falaq 3x
Al-Ikhlas 3x
An-Nas 3x
Itu adala
Cara mendidik anak yang sesuai dengan ajaran islam adalah dengan tidak membanding-bandingkan anak satu dengan anak yang lain, karena setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta memberikan pujian kepada anak apabila melakukan tindakan yang terpuji.

 

 

(dw)