UPACARA Memperingati Hari Pendidikan Nasional

02 Mei 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 277 Kali
UPACARA Memperingati Hari Pendidikan Nasional

infoPleret- Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2018, Kecamatan Pleret mengadakan upacara serentak di Halaman Kantor Kecamatan Pleret. Bertindak sebagai Irup Camat Pundong Bapak Alwi, SH, MH dengan peserta upacara yaitu PNS, Linmas, Pamong Desa, perwakilan Siswa SD, SMP, SMK / SMA sekecamatan Pleret. 

Pendidikan dan kebudayaan merupakan titik temu yang tidak dapat dipisahkan, sebab Kebudayaan merupakan akar dari pendidikan. Seperti yang tersirat dalam Undang-undang sistemm pendidikan Nasional tahun 2003 Bab I pasal 1 ayat 2. Diperkuat pula dengan UU No 5 Tahun 2017 tentang pemajuan Kebudayaan dan mempertegas posisi Kebudayaan nasional sebagai ruh,pemberi hidup dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita. Kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan tumbuh subur,kukuh dan menjulang.

Camat Pleret, selaku inspektur upacara mengajak kepada semua masyarakat untuk meneladani sosok Ki Hadjar Dewantara baik gagasan, pemikiran dan trawangan masa depannya, “Ada tiga pemikiran beliau yang bisa dijadikan pedoman dalam membangun pendidikan kita diantaranya 1) Panca Darma, pendidkan perlu beralaskan lima dasar yaitu kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kebangsaan, dan kemanusiaan, 2) KON-3, bahwa penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan asas konstitusi, konvergensi, dan konsentris. Dan yang ke 3) tri pusat pendidikan, bahwa pendidikan berlangsung di 3 lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

 

 

(iw)