Kegiatan POSYANDU Dusun Pungkuran

07 Mei 2018
Vaksin
Dibaca 241 Kali
Kegiatan POSYANDU Dusun Pungkuran

infoPleret- Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas.
Seperti kegiatan rutin yang diadakan warga di Dusun Pungkuran khususnya RT 05 dan 06,yang biasanya dilaksanakan setiap tanggal 6 pada tiap bulannya tetapi karena untuk bulan Mei ini tanggal 6 jatuh pada hari Minggu maka kegiatan Yandu dilaksanakan pada hari berikutnya yaitu hari Senin tanggal 7 Mei 2018 bertempat di Gedung Serba Guna Pungkuran RT 06, Posyandu yang bernama Teratai Putih I yang terdiri dari Kelompok posyandu Lansia yang diketuai oleh Ibu Sri Lestari dan Kelompok Posyandu Balita yang diketuai oleh Ibu Partinah, kegiatan dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB dimulai terutama untuk melayani balita (imunisasi, timbang berat badan) dan orang lanjut usia (Posyandu Lansia ) juga senam Anti Stroke untuk lansia yang dipimpin oleh kader yang sudah terlatih.
Dari total anggota posyandu Lansia berjumlah 99 orang namun yang tercatat hadir hari ini 37 orang sedang untuk posyandu Balita yang beranggotakan total 54 orang yang tercatat melakukan penimbangan 47 orang dan setiap anggota mendapatkan PMT dengan menu sehat yang berbeda-beda setiap bulannya dan membayar iuran Rp.2000 untuk mengganti PMT tersebut. (dew)