Jamaah Masjid Karomah Karet, Khataman Alquran dan Doa Bersama

02 Juni 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 224 Kali
Jamaah Masjid Karomah Karet, Khataman Alquran dan Doa Bersama

infoPleret- Membaca Alquran telah menjadi kebiasaan bahkan tradisi umat Islam lebih-lebih di bulan Ramadhan. Kebaikan tersebut biasa dilakukan di Masjid, Mushalla, Tempat Pengajian, termasuk di rumah masing-masing.

Bertempat di serambi masjid Karomah, Pedukuhan Karet jamaah tadarusan melaksanakan khataman Quran dan doa bersama. Hadir pada kesempatan ini segenap pengurus takmir masjid, pengurus NU Ranting Pleret,  Carik Desa dan Bhabinkamtibmas Desa Pleret. Kegiatansamaan dengan peringatan Nuzulul Quran.

Khataman Alquran dapat dilakukan dengan cara bil ghaib yakni hafalan, atau binnadhor, membaca dengan melihat. Adapun keutamaan membaca Alquran sangat jelas disebutkan di dalam Alquran dan sabda Rasulullah SAW. Pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT kepada orang-orang yang membaca Alquran akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh At-Turmudzi sebagai berikut : Dari Abdullah bin Masud RA berkata : “Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan, dan atu kebaikan itu dilipatkgandakan sepuluh, saya (Rasulullah) tidak berkata aliflammim itu satu huruf, namun alif itu satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”

Allah SWT juga berjanji untuk menyempurnakan pahala dan karunia-Nya bagi orang-orang yang selalu membaca Alquran, melaksanakan shalat, dan menginfakkan rezekinya. Selain itu, bacaan Alquran menjadi penyelamat bagi para pembacanya kelak dihari akhir, sebagimana disampaikan dalam hadits riwayat at-Turmudzi, yang artinya : Dari Umamah Albahili sesungguhnya Rasulullah bersabda : “Bacalah Alquran sesungguhnya kelak di hari kiamat Alquran akan datang sebagai pembaca syafa’at bagi pembacanya.”