Sarasehan Persiapan Warisan Budaya Tak Benda

29 Juni 2018
Vaksin
Dibaca 236 Kali
Sarasehan Persiapan Warisan Budaya Tak Benda

infoPleret- Bertempat di Pendopo Balai Desa Pleret Jum’at (29/06) Dinas Kebudayaan Provinsi DIY menggelar sarasehan bersama seluruh jajaran atau pelaku budaya Se Kecamatan Pleret. Turut hadir dalam acara tersebut Lurah Desa Pleret bersama seluruh jajaran pamong Desa Pleret, Perwakilan dari Polsek Pleret, Danramil Pleret dan Perwakilan Desa Se Kecamatan Pleret. Acara dimulai pada pukul 20.00 WIB dipimpin oleh moderator dan dibuka dengan bacaan Basmallah dilanjutkan dengan sambutan dari dua narasumber. 

Tak banyak yang mengetahui apa itu Warisan Budaya Tak Benda.

Berikut sedikit pemaparan dari narasumber

Warisan budaya tak benda merupakan warisan budaya yang tak bisa diindera dengan mata dan tangan, namun jelas-jelas ada di sekitar kita. Bagaimana Anda akan menggolongkan musik-musik Nusantara (misalnya)? Alat musiknya jelas-jelas merupakan benda cagar budaya, barangkali. Namun bagaimana dengan komposisi bunyi-bunyiannya? Bagaimana dengan khasanah nilai yang terdapat di dalamnya? Hal ini tentu merupakan sebuah warisan budaya yang hanya bisa diindera dengan telinga dan akal budi.

Hasil diskusi pada malam hari ini antara lain menetapkan hari jadi Pleret dan menggolongkan apa saja yang menjadi warisan budaya tak benda yang ada di desa Pleret. (Cyber)