Tips Menabung Untuk Anak Muda Usia 20-an

20 Juni 2019
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 202 Kali
Tips Menabung Untuk Anak Muda Usia 20-an

infoPleret- Ingin Mulai Menabung? Ikuti Tips Menabung Untuk Anak Muda Usia 20-an ini??

Tips Menabung Untuk Anak Muda Usia 20-an

1. Coba Tambah Pemasukan dan Kurangi Pengeluaran

Coba dimulai dari membiasakan diri untuk menambah pemasukan dan meredam angka pengeluaran.

Sekarang ini, apalagi dengan dukungan teknologi informasi yang cepat sekali perkembangannya, Anda bisa memanfaatkan keahlian untuk menciptakan sumber pendapatan sampingan.

oba jual keahlian Anda sebagai seorang freelancer, entah itu di bidang desain grafis, pemrograman, tulisan hingga terjemahan, digital marketing, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali marketplace yang mempertemukan klien dengan freelance seperti Fiverr atau Projects.co.id, jadi jangan ragu untuk mendaftar di marketplace tersebut dan temukan klien pertama Anda sekarang.

Atau, dapatkan pendapatan sampingan dari iklan di blog. Buat sebuah blog kemudian isi dengan konten yang menarik agar ramai dikunjungi. Anda juga bisa menulis ebook atau produk digital lainnya kemudian dijual di blog tersebut.

Di sisi lain, kurangi terus pengeluaran Anda. Misalnya bila frekuensi Anda menonton film di bioskop selama ini seminggu sekali, kurangi menjadi sebulan sekali.

Bila biasanya Anda makan siang di resto atau di kafe setiap hari, kurangin menjadi 2 kali seminggu dan sebagainya. Transportasi pun demikian, cari yang paling rumah dan tetap sesuai dengan Anda.

 

 

2. Mulai Memprioritaskan Kemana Uang Anda Harus Dialokasikan
 

Urutkan tujuan penggunaan uang Anda dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya.

Karena tujuan Anda adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan Anda untuk ditabung.

Anda dapat melihat bahwa tabungan dan investasi memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada kewajiban membayar cicilan dan pengeluaran atas kebutuhan lainnya.

Dengan mengikuti skema itu, tak ada lagi alasan untuk tidak menabung atau berinvestasi karena uangnya tidak mencukupi

 
3. Investasikan Sedikit Demi Sedikit
 

Bila sudah ada uang yang bisa ditabung, sisihkan juga sedikit demi sedikit untuk diinvestasikan.

Kenapa?

Menabung memang membawa untung karena ia bisa dijadikan dana darurat, dimana begitu Anda butuh, Anda bisa menarik uang kapan saja dari tabungan.

Menabung juga bisa membantu Anda memenuhi setiap kebutuhan sesuai nominalnya. Sebaliknya, bila hanya bergantung pada tabungan saja, yang ada uang Anda malah berkurang nilainya sedikit demi sedikit.