Berita

STUDY TIRU PENGEMBANGAN PARIWISATA TINGKAT KALURAHAN

13 November 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 55 Kali
STUDY TIRU PENGEMBANGAN PARIWISATA TINGKAT KALURAHAN

InfoPleret - Pemerintah Kalurahan Pleret mengadakan kegiatan Study Tiru Pengembangan Pariwisata Tingkat Kalurahan di Tegal Arum dan Kota Lama Semarang pada Sabtu 12 November 2022. Lurah Pleret didampingi Kasi, Kaur, dan dukuh memberangkatkan seluruh Ketua RT se Kalurahan Pleret dalam rangka kegiatan ini.

Dipilihnya Lokasi Tegal Arum yang merupakan Makam Sunan Amangkurat Agung ( Amangkurat 1 ) merupakan makam raja Matam Islam yang berkuasa di Kraton Plered Tahun 1646 s.d. 1677 M. sehingga masih sangat berkaitan dengan sejarah leluhur masyarakat pleret.

Pasarean Tegal arum atau Pemakaman Tegalarum itu sendiri adalah kompleks makam yang berlokasi di Dusun Pakuncen, Desa Pasarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Pemakaman ini merupakan makam dari Sunan Amangkurat I (atau Sunan Tegalarum) yang merupakan susuhunan Mataram keempat dan kerabatnya.

Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. mengharapkan setelah kegiatan ini Dukuh dan semua ketua RT dapat menceritakan hal positif tentang sunan Amangkurat 1 untuk bisa disebarkan ke warga masyarakat lainnya dan juga ke wisatawan yang datang ke pleret, sehingga masyarakat secara berlahan bisa menghilangkan cerita cerita yang selama ini kurang baik tentang Sunan Amangkurat Agung (Amangkurat 1), karena sebagai generasi penerus kita harus dapat Mikul Duwur Mendem Jero.

Kegiatan dilanjutkan dengan wisata ke kota lama semarang, dukuh dan ketua RT diajak naik bus bertingkat untuk bisa berkeliling menikmati kota lama semarang, Ketua RT se Kalurahan Pleret merasa senang diajak rekreasi sekaligus ziarah ke leluhur penguasa kraton Plered. mereka berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut setiap tahun, agar sinergitas antara pemerintah kalurahan dengan dukuh dan ketua RT busa terus terjaga dan terjalin dengan baik.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image