Kunjungan Bagian Tata Pemerintahan Pemkot Surakarta: Pendataan QR Code di Kalurahan Pleret, Bantul

01 November 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 64 Kali
Kunjungan Bagian Tata Pemerintahan Pemkot Surakarta: Pendataan QR Code di Kalurahan Pleret, Bantul

InfoPleret - Bagian Tata Pemerintahan Pemerintah Kota Surakarta melakukan kunjungan ke Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul pada Selasa, 31 Oktober 2023. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari dan mendukung implementasi pendataan QR Code di setiap rumah sebagai bagian dari upaya peningkatan efisiensi tata kelola pemerintahan.

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Ibu Gemi Nastiti, S.Tp, pejabat bagian Tata Pemerintahan Pemerintah Kota Surakarta. Rombongan ini diterima langsung oleh Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S. kim., M.Cs, yang juga merupakan narasumber dalam kegiatan ini.

Pendataan QR Code di setiap rumah menjadi salah satu inovasi penting dalam tata kelola pemerintahan modern. Dengan menggunakan teknologi QR Code, informasi dan data terkait setiap rumah di Kalurahan Pleret dapat diakses dengan lebih cepat dan akurat. QR Code ini akan memudahkan akses data bagi pihak berwenang dan masyarakat secara keseluruhan.

Ibu Gemi Nastiti, S.Tp, dalam sambutannya, menyatakan, "Kami sangat mengapresiasi upaya Kalurahan Pleret dalam menerapkan pendataan QR Code. Ini adalah langkah positif menuju pemerintahan yang lebih efisien dan transparan. Kami berharap pengalaman ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam memodernisasi tata kelola pemerintahan."

Sementara itu, Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S. kim., M.Cs, menjelaskan implementasi pendataan QR Code di Kalurahan Pleret. Ia menyebutkan, "Penerapan QR Code ini telah membantu kami dalam mengelola data penduduk dan rumah tangga dengan lebih efisien. Kami dapat merespons kebutuhan masyarakat dengan lebih cepat dan akurat."

Kunjungan ini juga diikuti oleh diskusi antara tim dari Bagian Tata Pemerintahan Pemkot Surakarta dan pihak Kalurahan Pleret untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan terkait implementasi QR Code. Ini adalah contoh konkret kolaborasi antardaerah dalam rangka memajukan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Penerapan QR Code dalam pendataan rumah tangga di Kalurahan Pleret merupakan salah satu langkah yang patut dicontoh. Diharapkan, inovasi ini dapat menjadikan pelayanan publik semakin efisien dan memudahkan akses data bagi masyarakat. Semoga kunjungan ini menjadi awal dari kolaborasi yang lebih luas dalam memajukan tata kelola pemerintahan di Indonesia.