Berita

Makam Ratu Malang, Destinasi JJJ Pamong Desa Pleret

28 Februari 2020
Vaksin
Dibaca 155 Kali
Makam Ratu Malang, Destinasi JJJ Pamong Desa Pleret

infoPleret - Jum'at (28/02) Kegiatan di Hari Jum'at selain PSN ataupun Senam, Pamong Desa Pleret memiliki kegiatan lain yaitu Jalan Jalan Jum'at atau yang biasa disebut dengan "JJJ". Tujuan Jalan Jalan ini antara lain untuk meningkatkan silaturahmi juga untuk membangun kekompakan dan chemistry ke sesama perangkat desa.

Kompleks Makam Antaka Pura atau yang lebih dikenal dengan nama Makam Ratu Malang ini terletak di sebelah timur Padukuhan Gunungkelir, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Komplek makam berada di puncak sebuah bukit bernama Gunung Kelir dengan ketinggian 99 meter di atas permukaan laut.

Pada komplek makam ini terdapat dua puluh delapan (28) nisan, yang dikelompokan dalam tiga (3) lokasi yaitu sembilan belas (19) nisan berada di halaman depan, satu (1) nisan berada di halaman belakang (nisan Dalang Panjang Mas) dan delapan (8) nisan berada di halaman inti yang salah satunya merupakan nisan dari Ratu Mas Malang. Adapun jirat makam dibuat dari batu andesit dengan rincian  sebuah berbentuk jajaran genjang dan empat belas (14) buah berbentuk kurung kurawal. Nisan yang berupa tumpukan batu putih tidak mempunyai jirat.

Di sebelah timur laut makam terdapat sebuah bangunan yang dikenal dengan nama Sendang Moyo. Sendang ini merupakan kolam yang digunakan untuk menampung air hujan. Ukuran kolam adalah 3,5  x 5 meter. Kompleks sendang juga dikelilingi tembok setinggi 3 meter dengan ketebalan tembok 2,1 meter. Ada lagi kolam berukuran 6 x 6 meter berada di luar tembok keliling. Di makam ini juga terdapat temuan lepas yaitu sebuah balok batu andesit yang dikenal penduduk sebagai kotak wayang dari dalang Ki Panjang Mas. Masyarakat sekitar masih mengeramatkan makam tersebut.

CM-007/ Rga

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image