Emak Emak Dasawisma Desa Sumber Brantas Kunjungi TP PKK Kalurahan Pleret

03 Oktober 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 127 Kali
Emak Emak Dasawisma Desa Sumber Brantas Kunjungi TP PKK Kalurahan Pleret

InfoPleret - Selasa, 3 Oktober 2023 Pendopo Kalurahan Pleret menjadi saksi dari kunjungan rombongan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Batu. Sejumlah emak-emak dari Dasawisma Desa Sumber Brantas turut serta mengunjungi Pengurus TP. PKK Kalurahan Pleret untuk mendiskusikan penerapan dan implementasi 10 Program Pokok PKK. Acara ini menjadi wadah bagi para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Dasawisma untuk mengevaluasi langkah-langkah yang telah diambil dalam upaya mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan PKK di tingkat padukuhan.

Acara ini dihadiri oleh dua narasumber utama, yakni Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., dan Ibu Nur Rohmawati, SE, S.Pd. dari Pengurus TP. PKK kalurahan Pleret. Lurah Pleret, Taufiq Kamal, menjelaskan tentang digitalisasi pemerintahan desa beserta regulasi dan penganggaran kegiatan PKK, Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (LKK), dan Lembaga Kemasyarakan Desa (LKD) di tingkat kalurahan.

Taufiq Kamal mengatakan, "Pemerintahan Kalurahan Pleret terus berupaya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelaksanaan program PKK. Kami telah melakukan digitalisasi berbagai aspek pemerintahan desa, termasuk pengelolaan anggaran untuk kegiatan PKK, LKK, dan LKD. Ini membantu kami dalam memastikan bahwa dana yang dialokasikan untuk program-program tersebut dapat digunakan secara transparan dan efektif."

Beliau juga menjelaskan mengenai regulasi yang ada di tingkat desa, seperti Peraturan yang mengatur pelaksanaan program PKK dan peran Dasawisma dalam menjalankan program-program tersebut. Digitalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas dan memudahkan pemantauan pelaksanaan program oleh seluruh masyarakat.

Sementara itu, narasumber kedua, Ibu Nur Rohmawati, SE, S.Pd., memberikan wawasan tentang implementasi 10 Program Pokok PKK di tingkat padukuhan atau Dasawisma. Ia menjelaskan bagaimana Ibu-ibu PKK dan Dasawisma di Kalurahan Pleret berperan aktif dalam menggerakkan program-program tersebut di tingkat komunitas.

Ibu Nur Rohmawati menyatakan, "Dasawisma memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan program-program PKK di tingkat padukuhan. Mereka menjadi tulang punggung dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya program-program tersebut, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi keluarga, dan lingkungan hidup."

TP. PKK Kalurahan Pleret juga berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi dalam mengimplementasikan program-program PKK di tingkat komunitas. Diskusi ini menjadi momen yang sangat berharga untuk saling bertukar ide dan memperkuat kolaborasi antar-masyarakat, pemerintah desa, dan PKK Kalurahan Pleret dalam mewujudkan kesejahteraan bersama.

Kunjungan ini memperlihatkan komitmen dan semangat tinggi dari emak-emak Dasawisma Desa Sumber Brantas untuk mendukung pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang digitalisasi pemerintahan desa dan implementasi 10 Program Pokok PKK di Pleret, mereka dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa mereka. Semoga kunjungan ini menjadi langkah awal menuju perubahan positif yang lebih besar bagi Desa Sumber Brantas.