Koordinasi Akhir Bulan September 2021

29 September 2021
Rifqi Fatoni
Dibaca 284 Kali
Koordinasi Akhir Bulan September 2021

Info Pleret - Rabu 29 September 2021 Jam 09.00 WIB dilaksanakan Rapat Internal Pemerintah Kalurahan Pleret yang dihadiri oleh Lurah, Carik, Kamituwa, Jagabaya, Ulu-ulu, Pangripta, Danarta dan Tata Laksana yang dipimpin lansung oleh Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs.

Agenda Rapat diantaranya :

1. Pembahasan proses Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan Pleret Tahun 2022.

2. Pembahasan Pelaksanaan Vaksinasi 1.500 Dosis di Kalurahan Pleret.

3. Pembahasan Study Banding ke Cagar Budaya di Trowulan Jawa Timur.

4. Pembahasan Kompensasi sewa Tower di Kedaton.

5. Laporan proses pembayaran sewa dari PG. Madukismo.

Dalam rapat ini Lurah menyampaikan bahwa untuk Tahun 2021 Kalurahan Pleret sudah mendapatkan Label Desa Wisata dan Rintisan Desa Budaya, Setelah itu Kalurahan Pleret akan mengejar Label Desa Prima dan Desa Preneur. selain itu lurah juga berharap APBKal 2022 Menyiapkan plot anggaran untuk Ruang Masyarakat berupa Laboratorium Komputer sekaligus Ruang Baca/Literasi, untuk ajang kegiatan Pelatihan, Marketing, Study Siswa dan untuk kepentingan masyarakat pleret lainnya.

RKPKal 2021 juga perlu menyiapkan  anggaran Penunjang Zoom Meeting yang portabel dan bisa setiap saat digunakan baik oleh pemerintah kalurahan maupun masyarakat kalurahan pleret.

Selain itu LKD dan Pokdarwis agar bisa di maksimalkan perannya untuk diberikan penganggaran yang cukup agar Pemberdayaan masyarakat juga bisa maksimal.

Saat ini juga ada peningkatan Transparansi Penggunaan Anggaran kepada masyarakat dengan mengupdate realisasi anggaran tahun berjalan di Website Kalurahan Pleret secara realtime, dengan kata lain Realisasi APBKal Tahun 2021 sudah bisa diakses/ dilihat secara online dan update melalui Web Desa ( Sistem Informasi kalurahan ) pleret.id 

Tahun 2022 juga akan menganggarkan Mobil siaga untuk kepentingan masyarakat dan kepentingan pemerintah Kalurahan serta Pengadaan Alat Cetak KTP dan KK kerjasama dengan Disdukcapil Kabupaten Bantul, sehingga warga masyarakat pleret nantinya bisa cetak KTP dan KK cukup di kantor Kalurahan Pleret.

Untuk kegiatan vaksinasi 1.500 Dosis dilaksanakan tanggal 9 Oktober untuk Tahap 1 dan tanggal 30 Oktober untuk tahap 2. Kegiatan ini penganggarannya melalui donasi oara dermawan yang sampai saat ini sudah terkumpul 11 Juta lebih. Dalam kegiatan vaksinasi ini yang perlu diperhatikan juga persiapan : Koneksi internet, Jumlah Operator, Konsep pendafataran (memakai barcode /scan). Kader diharapkan bisa mendaftar peserta dilengkapi dengan  NIK dan no wa peserta.

/Rief