Festival Poros Mataram Kotagede-Plered-Imogiri

28 November 2022
ringgasari
Dibaca 213 Kali
Festival Poros Mataram Kotagede-Plered-Imogiri

infoPleret - Senin, 28 november 2022 di kawasan Gerbang Pleret diadakan  Pameran Poros Mataram yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Provinsi DIY. Pameran poros mataram sejak pagi hingga siang hari banyak di kunjungi oleh siswa-siswi SD, dan SMP sekitar Kalurahan Pleret, serta masyarakat umum kalurahan pleret.

Dalam stand pameran poros mataram ini di tampilkan foto-foto situs peninggalan Mataram Pleret serta foto peninggalan mataram kotagede dan makam imogiri yang merupakan peninggalan sejarah kejayaan Kerajaan Mataram Islam. Selain melihat - lihat stand pameran siswa-siswi SD yang berkunjung juga di putarkan video dokumenter potensi kalurahan pleret di ruang audio visual gerbang pleret, sebagai sarana edukasi kepada masyarakat agar mengetahui sejarah keberadaan mataram islam di pleret era pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo sampai dengan era pemerintahan Amangkurat Agung. Raja-raja mataram ini bertahta di Kraton Kerto sampai pindah di Kraton Pleret yang berlokasi di dusun Kedaton.

Diharapkan siswa-siswi yang berkunjung di stand pameran poros mataram dapat mengetahui sejarah kejayaan mataram pleret pada masanya, merasa bangga dengan keberadaan pleret, serta membawa semangat kejayaan mataram islam untuk bersama-sama membangun kalurahan pleret ke arah yang lebih baik lagi.

#pleretheritageofmataram

#pleretdesabudaya