Study Pengembangan Infrastruktur IT Desa Tanggulrejo, Kec. Manyar Gresik di Desa Digital Pleret

08 November 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 220 Kali
Study Pengembangan Infrastruktur IT Desa Tanggulrejo, Kec. Manyar Gresik di Desa Digital Pleret

InfoPleret - Senin, 7 November 2022 bertempat di Kalurahan Pleret, Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. menerima tamu Kunjungan Kerja/Studi tiru tentang Pengembangan Infrastruktur IT Desa dari Desa Tanggulrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur.

Dalam study ini Kepala Desa Tanggulrejo Bapak Ir. Abdul Karim Aly membawa tim IT desa yang terdiri dari Kasi Perencanaan, Operator/admin Website, Media Desa serta Pengelola Internet Desa.

Dalam kesempatan ini Bapak Taufiq Kamal, S.Kim., M.Cs. menyampaikan materi tentang profil kalurahan pleret, infrastruktur IT di kalurahan, Digitalisasi pelayanan publik, database kependudukan, inovasi  pendataan dengan QR Code, penerapan tanda tangan elektronik (TTE) serta berbagai macam inovasi reformasi birokrasi pemerintahan kalurahan yang ada di Kalurahan Pleret.

Rombongan peserta dari Desa Tanggulrejo yang berjumlah 7 orang tiba di kalurahan Pleret pada pukul 09.00 WIB setelah diskusi dan mengikuti pemaparan materi kemudian langsung melihat salah satu icon Kalurahan Pleret yaitu Gerbang Pleret yang rencana akan dikembangkan sebagai pusat informasi wisata di kalurahan pleret.

Dalam kesempatan ini lurah pleret berharap bila ada inovasi yang bermanfaat bisa diduplikasi dan diterapkan di kalurahan-kalurahan lain, karena dengan adanya digitalisasi sistem pemerintahan akan sangat membantu kinerja pamong kalurahan serta dapat mewujudkan transparansi kegiatan dan keuangan pemerintah kalurahan kepada masyarakat luas.

Desa digital bukanlah tujuan utama, tapi merupakan tools untuk mempercepat proses kemajuan suatu desa. Semua tidak lepas dari Sumber Daya Manusia serta kesungguhan lurah beserta pamong dan masyarakatnya untuk berkomitmen memajukan desa bersama-sama.

#PleretHeritageOfMataram

#pleretdesadigital

#studyBanding

#DesaTanggulrejo