Kunjungan Study Tiru dari Desa Kedawung, Nglegok, Blitar, Jawa Timur

03 Desember 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 351 Kali
Kunjungan Study Tiru dari Desa Kedawung, Nglegok, Blitar, Jawa Timur

InfoPleret - Sabtu, 3 Desember 2022 Pemerintah Kalurahan Pleret mendapatkan kunjungan study tiru tentang penerapan Sistem Informasi Desa di Kalurahan Pleret. Bertempat di ruang pertemuan rombongan dari desa Kediwung yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Kedawung Bapak Abdurrahman diterima langsung oleh Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs.

Dalam sambutannya kepala desa kedawung menyampaikan beberapa keinginan untuk bisa dipaparkan tentang SID di kalurahan pleret sehingga bisa mencapai prestasi sampai dengan masuk 3 besar lomba desa tingkat regional jawa bali. Kepala desa yang membawa rombongan yang terdiri dari unsur BPD, LPMK, Karang Taruna, PKK dan aparatur perangkat desa, sangat berharap kedepan bisa meniru beberapa prestasi yang berhasil di raih oleh Pemerintah Kalurahan Pleret, terutama di bidang digitalisasi pemerintahan kalurahan yang hampir menyentuh semua aspek dan bidang.

Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs dalam materinya memaparkan tentang 3 pilar kemandirian yang terdiri dari Sistem Informasi Desa, Tata Kelola Pemerintahan serta Pergerakan Perekonomian Desa. Selain itu transparansi pemerintah kalurahan juga dipaparkan mulai dari kehadiran pamong, pakta integritas, perkal displin pamong, laporan realisasi anggaran desa, sistem pelaporan kegiatan yang otomatis dari wa, serta lokasi berbagai macam kegiatan pembangunan di Kalurahan.

Diharapkan dengan study tiru ini akan membangkitkan semangat kepada Pemerintah Desa Kedawung Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar untuk bisa mengambil hal hal positif dari Kalurahan Pleret yang masih memungkinkan bisa diterapkan di Desa Kediwung.