Majlis Pinuwunan Rakyat Mataram

10 Maret 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 314 Kali
Majlis Pinuwunan Rakyat Mataram

infoAdatTradisi - Kamis Kliwon tanggal 10 Maret 2022 jam 20.00 WIB. bertempat di Pendopo Kalurahan Pleret telah berlangsung Adicara Umbul Donga, Tahlil, Dzikir lan Sarasehan, dening : Ustad Jawis Al Jejerani yang diselenggarakan oleh Majelis Pinuwunan Rakyat Mataram (MPRM) dan  Paguyuban Kawulo Mataram (PKM). Acara ini dalam rangka Umbul Donga Mataraman Malam Jum'at Legen yang rutin diselenggarakan di Pendopo kalurahan Pleret.

Hadir dalam acara ini Pangajeng Paguyuban Kawulo Mataram (PKM) H. Heru Sutrisno Notodimejo, Pangajeng Majelis Pinuwunan Rakyat Mataram (MPRM) Noor Janis/RW. Manitro Reksodipuro, Panewu Pleret Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos., MM. Danramil Pleret, Babinkamtibmas Pleret, Pamong Kalurahan Pleret dan Masyarakat Kalurahan Pleret.

Dalam acara ini peserta menggunakan pakaian Kejawen Gagrak Ngayogyakarta Hadiningrat Jangkep ( Ngagem Sorjan lan Duwung). selain itu ada acara selingan berupa tari Joged Ritus mataram oleh Agung Dancing dkk sebelum acara Do'a Tahlil dan Kajian Ilmu Oleh Bapak KH. Jawis Al Jejerani.

Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Paguyuban Rakyat Maratam dan Majelis Pinuwunan Rakyat Mataram yang telah rutin melaksanakan acara adat dan tradisi di kalurahan pleret. kedepan akan ada bangunan penunjang lagi untuk kegiatan seni dan budaya berupa Arsitektur Gaya Yogyakarta yang berada di sebelah barat kantor kalurahan.

Link Video Joged Ritus Mataram :

https://youtu.be/yjeVeBwvtQo

<iframe src="https://www.youtube.com/embed/yjeVeBwvtQo" width="560" height="314" allowfullscreen="allowfullscreen"></iframe>