Menuju Cita-cita Kalurahan Pleret sebagai Desa Preneur

10 Maret 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 312 Kali
Menuju Cita-cita Kalurahan Pleret sebagai Desa Preneur

InfoPleret - Rabu (09/03) bertempat di ruang pelatihan milik bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. Padukuhan Kanggotan RT.03 Kalurahan pleret diadakan kegiatan Sosialisasi tentang Mengenal Teknologi Bagi UMKM Menuju Desa Preneur.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharja S.T, Dinas Koperasi DIY, Ka. Kantor Pos Pleret, Panewu Pleret Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos., MM. Lurah Pleret, Ulu-Ulu se-Kapanewon Pleret, dan para Pelaku UMKM se Kapanewon Pleret.

Dalam kegiatan sosialisasi hari ini disampaikan beberapa materi yang pertama tentang Digital Marketing Lembaga Bisnis Desa Preneur yang disampaikan oleh Lurah Pleret selaku Narasumber 1, yang kedua tentang tatacara pendaftaran aplikasi “sibakul” yang disampaikan langsung oleh Dinas Koperasi DIY selaku narasumber 2 dan yang terakhir terkait dukungan Kantor Pos Pleret dalam mendukung UMKM di Kapanewon Pleret.

Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mewujudkan Desa Preuner yaitu desa yang memiliki kemampuan dalam menumbuhkan unit-unit usaha melalui penguatan pengetahuan dan ketrampilan berwirausaha yang nantinya dapat mengangkat serta memajukan UMKM di tiap Kalurahan Kapanewon Pleret sehingga dapat berdampak pada peningkatan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat.

Termasuk di Kalurahan pleret sendiri sudah mencita-citakan bisa meraih label desa Preneur. Diharapkan dengan usaha yang sudah dilakukan dan adanya dukungan dari pihak-pihak terkait di tahun 2022 ini, label desa Preneur bisa tercapai dan nantinya akan dimaksimalkan untuk meraih danais melalui jalur desa preneur sehingga arah pengembangan dan menumbuhkan unit unit UMKM akan lebih jelas dan terarah.