Berita

REMBUG SID KABUPATEN BANTUL

09 Juni 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 69 Kali
REMBUG SID KABUPATEN BANTUL

InfoPleret - Kamis, 9 Juni 2022 Bertempat di Aula Lantai 3 Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bantul telah diselenggarakan kegiatan sinkronisasi rembug Sistem Informasi Desa (SID) se-kabupaten Bantul. Rembug SID Kabupaten Bantul ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Bantul, Diskominfo, Dukcapil, DPMKal dan seluruh operator SID  Kalurahan se-Kabupaten Bantul dimana Kalurahan Pleret diwakili oleh Kaur Tatalaksana Rifqi Fatoni, A.Md. 

Kepala Bappeda Bantul, Ir. Fenty Yusdayati, M.T., mengungkapkan bahwa pergerakan SID di seluruh Kalurahan sangat bervariasi, dari yang bergerak sangat cepat, biasa saja dan ada yang berjalan pelan-pelan. Untuk 4 Kalurahan yaitu Srimulyo, Guwosari, Panggungharjo dan Pleret sudah mulai berkembang menggunakan domain  website sendiri. 

Rembug SID ini dilakukan guna meningkatkan layanan satu data yang ada di wilayah Bantul. Dalam hal ini kita sudah lakukan kerjasama dengan Combine Resource Institusi (CRI) Bantul untuk pengembangan lebih lanjut terkait konsep SID yang sudah dilakukan selama kurang lebih 3 tahun.

Direktur CRI, Elanto lebih menjelaskan terkait basis data dan konsep kerjasama terbaru yang sudah dirancang bersama tim Bappeda Bantul saat ini. 

"Sebenarnya data apa saja yang diinginkan untuk ditampilkan di SID monggo nanti bisa disepakati dan didiskusikan bareng," tuturnya. 

Konsep kerjasama 2 tahun ke depan dengan CRI bahwa bagaimana SID di Kabupaten Bantul bisa diintegrasikan dengan Data Terpadu Kemiskinan Sosial (DTKS), Data Monografi dan  Data SIKS-NG Kemensos dengan SIAK Kemendagri sehingga datanya bisa diakses satu pintu. Harapannya, data bisa diperoleh lebih akurat dan mutakhir. Proses pemanfaatan datanya tidak sebatas difungsikan untuk website dan surat menyurat saja, tapi juga datanya juga bisa dipergunakan untuk kegiatan analisis kebijakan dari database yang sudah terintegrasi dengan data data lainnya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image