Desa Hijau

Pencanangan Kampung Bijak Sampah Berbasis Teknologi Hijau

22 Agustus 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 85 Kali
Pencanangan Kampung Bijak Sampah Berbasis Teknologi Hijau

InfoPleret - Kamis, 18 Agustus 2022 bertempat di Joglo Semar Badranaya Nursubyantaran Kanggotan telah dilaksanakan Pencanangan Kampung Bijak Sampah Berbasis Teknologi Hijau. Hadir dalam acara ini Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Bantul Bapak Nur Subiyantoro, S.I.Kom sekaligus sebagai pengasuh kampung bijak sampah, Panewu Kapanewon Pleret, Lurah Pleret, Perwakilan Dukuh serta Para Penggiat sampah di wilayah kapanewon pleret.

Permasalahan sampah adalah permasalahan menahun yang tak bisa diselesaikan hanya dengan himbauan maupun peraturan. Terlebih, pengelolaan sampah selama ini belum dilakukan secara optimal. Hal inilah yang mendorong Kampung Bijak Sampah di Pleret Bantul, menciptakan inovasi pengelolaan sampah berbasis teknologi hijau.

Pengasuh Kampung Bijak Sampah, Nur Subiantoro, S.I.Kom mengatakan sampah akan terus menjadi suatu permasalahan jika tidak diselesaikan dari sumbernya. Pemerintah juga tidak mungkin mengatasi sampah secara sendiri tanpa partisipasi seluruh masyarakatnya.

Menurutnya, dengan alat yang sederhana, sampah plastik yang tidak memiliki nilai ekonomis bisa diolah menjadi batu pemecah gelombang, bantalan kereta api, paving blok hingga produk lainnya dengan cara yang ramah lingkungan.

Sumber : FB Pemkab Bantul

#pemkabbantul #beritabantul #kabupatenbantul #bantul #bantulprojotamansari #kabarbantul #sampah #bantulbersihsampah #bantulbersih

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image