Berita

Tasyakuran Diresmikannya Gerbang Pleret

13 September 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 72 Kali
Tasyakuran Diresmikannya Gerbang Pleret

InfoPleret - Ahad 11 September 2022 pukul 20.00 WIB bertempat di Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta telah dilaksanakan malam tasyakuran bersama atas diresmikannya Gerbang Pleret oleh pemerintah provinsi DIY bersamaan dengan penutupan perayaan satu dasawarsa keistimewaan DIY pada sabtu malam kemarin.

Hadir dalam malam tasyakuran ini Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., Ketua PAC. GP. Ansor Kalurahan Pleret KH. Husnul Fahmi atau sering dikenal dengan Gus Fahmi yang juga pengasuh PP. Nahdlatus Subban 2 Kanggotan, Pamong Kalurahan Pleret, Staf dan juga Perwakilan Masyarakat seputar gerbang pleret.

Acara ini juga menghadirkan penyanyi lokal pleret sekaligus duta gerbang pleret mas Alvino Wibisono yang mulai terkenal dengan lagunya Gerbang Pleret dan Mars Pleret dan sudah beredar di beberapa channel YouTube. Selain itu dalam malam tasyakuran ini juga menyediakan menu bakso 500 porsi gratis dari relawan kawasan munzalan yogyakarta yang dibagikan kepada pengunjung yang malam itu hadir di gerbang pleret Kalurahan Pleret.

Lurah Pleret dalam sambutannya menyampaikan bahwa Nama Gerbang Pleret sendiri memiliki makna sebagai titik awal atau pintu masuk pada suatu tempat yang berharga sekaligus menjadi ikon. Gerbang Pleret dibangun untuk pengembangan kebudayaan yang memberikan dampak besar bagi masyarakat sekitar.

Gerbang pleret berfungsi mengenalkan "Kerto Pleret" sebagai cikal bakal Mataram Islam dan Yogyakarta sebagai kota berbudaya luhur. Gerbang Pleret memiliki satu bangunan besar yaitu ruang audio visual yang difungsikan sebagai informasi pengenalan sejarah Pleret. 

Selain itu juga bisa digunakan untuk co-working atau ruang pertemuan. Terdapat pula bangunan kios UMKM yang berfungsi untuk menampilkan potensi-potensi UMKM, seperti aneka kuliner, kerajinan, jejamuan, jajanan pasar, makanan tradisional dan fashion.

Dalam rangkaian acara ini dilakukan Do'a bersama yang dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Nahdhatus Syubban 2 KH. Husnul Fahmi dan dilanjutkan simbolis pelepasan 2 merpati putih oleh Lurah Pleret bersama Gus Fahmi di kompleks Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta.

Alhamdulillah Tasyakuran Grand Launching Gerbang Pleret dapat berjalan dengan lancar. Semoga keberadaan kita dapat bermanfaat dan menjadi wadah bakat juga kesenian di Kalurahan Pleret khususnya, masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya

 

#gerbangpleret #gerbang #umkm #jogja #jogjahits #jogjakarta #jalanjalan #jogjaistimewa #jogjawisata #umkm #souvenir #heritage #heritageofmataram #livemusic #viraltiktok #viral #satekambing #sateklatak #sateklathak #kulinerjogja #kuliner #angkringan #nongkrong #nongkrongmalam #yogyakarta #yogya #healing #jalanjalan

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image