MMD 3 dan Perpisahan Praktik Kerja Lapangan STIKES Surya Global di Padukuhan Gunungan

13 Januari 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 423 Kali
MMD 3 dan Perpisahan Praktik Kerja Lapangan  STIKES Surya Global di Padukuhan Gunungan

InfoPleret - Pada hari Kamis tanggal 12 Januari 2023 jam 20.00 WIB bertempat di halaman Masjid Riyadhush Sholihin Gunungan dilaksanakan acara Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) 3 dan Perpisahan Praktik Belajar Lapangan Keperawatan Komunitas Profesi Ners Stikes Surya Global Yogyakarta. MMD 3 ini dihadiri oleh Kamituwa Pleret Bapak Anang Jatmiko, Kepala Puskesmas Pleret beserta jajarannya, Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Dr. Hj. Arita Marwani, S.Kep., Ns., M,Kes, Tokoh-Tokoh Masyarakat, Ibu-Ibu Kader dan Muda Mudi di Padukuhan Gunungan

Dalam MMD 3 ini dipaparkan mengenai capaian pelaksanaan kegiatan program kerja selama 5 (lima) minggu beserta evaluasinya. Adapun program kerja yang dilaksanakan adalah pendampingan di posyandu balita, lansia dan Paud KB Riyadhush Sholihin, pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan setiap hari, senam lansia dan pemberian jus belimbing, bersih lingkungan bersama masyarakat, pemberian tanaman obat keluarga (toga), pelatihan kepada muda mudi mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), pemasangan kotak P3K sebanyak 4 (empat) titik di masing-masing pos ronda, pemasangan petunjuk jalur evakuasi, kegiatan donor darah dan kegiatan lainnya.

Dalam acara kesan dan pesan  Dukuh Gunungan Bapak Suprihatin dan perwakilan masyarakat Bapak Purwanto menyampaikan bahwa kegiatan praktik belajar lapangan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga Padukuhan Gunungan terutama dalam peningkatan pengetahuan dan kesadaran tentang kesehatan. Selanjutnya berharap mahasiswa juga dapat mengambil manfaat dari praktik belajar lapangan ini terutama dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat sehingga nantinya bisa menjadi bekal di dunia kerja dan bermasyarakat nantinya. Selain itu juga meminta maaf apabila warga masyarakat dalam menanggapi dan berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan belum bisa maksimal.

Kamituwa Pleret selanjutnya menyerahkan kembali sebanyak 14 (empat belas) mahasiswa praktik kepada Dosen Pembimbing Lapangan yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan lainnya dalam rangka untuk menyelesaiakan studinya.