Kaur TU dan Umum Se Kabupaten Muara Enim Studi Pengelolaan Aset di Kalurahan Pleret

11 Oktober 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 81 Kali
Kaur TU dan Umum Se Kabupaten Muara Enim Studi Pengelolaan Aset di Kalurahan Pleret

InfoPleret - Selasa, 10 Oktober 2023, Pemerintah Kalurahan Pleret kedatangan kunjungan Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatra Selatan. Rombongan yang dipimpin oleh Bapak Emrison Marwis, SE selaku Analis Kebijakan Muda Keuangan Desa mewakili Kepala Dinas PMD membawa rombongan Kaur TU dan Umum Desa se-Kabupaten Muara Enim. Kunjungan ini bertujuan untuk memaparkan tentang pengelolaan aset di era digital, khususnya dengan penerapan aplikasi Sipades dari Kemendagri dan sistem pencatatan aset melalui website Pleret.id.

Desa Digital Kalurahan Pleret, yang terletak di Kabupaten Bantul telah menjadi percontohan dalam menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan aset desa.

Bapak Taufik Kamal, S.Kom., M.Cs. sebagai narasumber utama kunjungan ini, membahas manfaat aplikasi Sipades yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Aplikasi Sipades merupakan solusi digital yang membantu pemerintah desa dalam mengelola data aset dengan lebih efisien dan transparan. Dalam paparannya, beliau menjelaskan bagaimana Sipades dapat membantu desa-desa untuk mengelola aset secara lebih akurat, memudahkan pelaporan, dan meningkatkan akuntabilitas penggunaan aset desa.

Selain itu, Bapak Taufik Kamal juga membahas aplikasi pencatatan aset yang telah diterapkan di website Pleret.id. Website ini telah dirancang khusus untuk memudahkan warga desa dalam mengakses informasi tentang aset desa, termasuk tanah, bangunan, dan inventaris desa lainnya. 

Kunjungan ini memberikan kesempatan bagi Pemerintah Desa se-Kabupaten Muara Enim untuk belajar dari pengalaman Kalurahan Pleret dalam mengelola aset dengan pendekatan digital. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di tingkat desa diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan aset desa, yang pada gilirannya akan mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan.

Dengan semangat inovasi dan kolaborasi antar desa, diharapkan bahwa Kabupaten Muara Enim dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengadopsi teknologi untuk pengelolaan aset desa yang lebih baik. Kehadiran Bapak Taufik Kamal dan sharing pengalaman Kalurahan Pleret tentu menjadi langkah positif menuju pengelolaan aset desa yang lebih modern dan efisien.