Orientasi Lapangan Satlinmas Desa Darmasaba di Kalurahan Pleret Bantul

19 Oktober 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 97 Kali
Orientasi Lapangan Satlinmas Desa Darmasaba di Kalurahan Pleret Bantul

InfoPleret - Hari Kamis, 19 Oktober 2023, menjadi momen bersejarah bagi Desa Darmasaba di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Bandung, karena rombongan dari desa ini mengadakan orientasi lapangan di Desa Digital Kalurahan Pleret, Bantul. Acara ini dalam rangka orientasi lapangan Satlinmas Desa Darmasaba. 

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Perbekel Darmasaba, Ida Bagus Surya Prabhawa, SH., MH., yang memimpin rombongan dari Desa Darmasaba. Mereka tiba di Desa Digital Kalurahan Pleret dengan semangat tinggi dan antusiasme untuk memahami lebih lanjut tentang tugas pokok dan fungsi Satlinmas ketika dipadukan dan di kolaborasikan dengan digitalisasi pemerintahan desa. 

Saat tiba di Desa Digital Kalurahan Pleret, rombongan dari Desa Darmasaba diterima langsung oleh Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M. Cs., yang juga bertindak sebagai narasumber utama acara tersebut. Taufiq Kamal adalah seorang pakar dalam bidang Sistem Administrasi Terpadu Layanan Masyarakat dan memiliki pengalaman yang luas dalam mengimplementasikan teknologi untuk meningkatkan layanan masyarakat.

Dalam presentasinya, Taufiq Kamal memberikan wawasan mendalam tentang konsep Satlinmas dan bagaimana penerapannya dapat membantu Pemerintah Desa dalam melayani perlindungan kepada masyarakat yang lebih efisien dan efektif. Ia juga berbagi pengalaman praktis serta solusi yang dapat diterapkan dalam konteks desa digital. 

Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) memiliki tugas pokok dan fungsi yang berfokus pada perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. Beberapa tugas pokok dan fungsi Satlinmas biasanya meliputi:

Perlindungan Masyarakat: Melindungi masyarakat dari berbagai ancaman, seperti kejahatan, bencana alam, dan situasi darurat lainnya.

Pencegahan: Melakukan upaya pencegahan terhadap berbagai potensi masalah yang dapat merugikan masyarakat, seperti tindakan kriminal, kecelakaan, dan kebakaran.

Penyuluhan dan Edukasi: Memberikan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang berbagai aspek keselamatan, keamanan, dan tindakan yang perlu diambil dalam situasi darurat.

Sosialisasi Program Pemerintah: Menginformasikan masyarakat tentang program-program pemerintah yang berkaitan dengan perlindungan dan keamanan.

Sosialisasi Norma Sosial: Membantu dalam mensosialisasikan norma sosial dan etika yang baik kepada masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan harmonis.

Kolaborasi dengan Instansi Terkait: Berkolaborasi dengan instansi pemerintah dan organisasi non-pemerintah terkait dalam rangka meningkatkan koordinasi dan efektivitas dalam menjalankan tugas perlindungan masyarakat.

Pelaporan dan Monitoring: Melakukan pemantauan terhadap situasi keamanan dan keselamatan masyarakat, serta melaporkan kejadian-kejadian yang memerlukan tindakan lebih lanjut.

Bantuan Darurat: Memberikan bantuan dalam situasi darurat, seperti evakuasi dan pertolongan pertama pada korban kecelakaan atau bencana.

Tugas dan fungsi Satlinmas dapat bervariasi tergantung pada regulasi dan kebijakan di setiap wilayah atau negara, namun secara umum, mereka berperan dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi rombongan dari Desa Darmasaba untuk bertanya, berdiskusi, dan berbagi pengalaman dengan Taufiq Kamal. Mereka juga memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung berbagai peran Satlinmas yang telah diterapkan di Desa Digital Kalurahan Pleret.

Perbekel Darmasaba, Ida Bagus Surya Prabhawa, SH., MH., mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan ini dan berharap bahwa pengetahuan yang mereka peroleh dapat diaplikasikan di Desa Darmasaba untuk meningkatkan pelayanan keamanan kepada masyarakat. Ia berterima kasih kepada Lurah Pleret, Taufiq Kamal, serta seluruh tim yang telah menyambut mereka dengan hangat.