Desa Bati-Bati Tanah Laut Kunjungi Pleret Penambahan Wawasan Digitalisasi Pelayanan Publik

06 Oktober 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 60 Kali
Desa Bati-Bati Tanah Laut Kunjungi Pleret Penambahan Wawasan Digitalisasi Pelayanan Publik

InfoPleret - Desa Bati-Bati, yang terletak di Tanah Laut, Kalimantan Selatan, memulai langkah baru dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada warganya melalui digitalisasi. Pada Jumat, 6 Oktober 2023, rombongan perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Bati-Bati, yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Bati-Bati, Bapak Mus Mulyadi, melakukan kunjungan kerja dan studi tiru ke Kalurahan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang digitalisasi pelayanan desa dari Kalurahan Pleret, yang telah berhasil mengimplementasikan berbagai inovasi dalam hal tersebut. Rombongan dari Desa Bati-Bati ingin memahami langkah-langkah yang telah diambil oleh Kalurahan Pleret dan bagaimana digitalisasi telah meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Rombongan dari Desa Bati-Bati diterima langsung oleh Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., yang juga bertindak sebagai narasumber utama dalam kunjungan ini. Taufiq Kamal memiliki pengalaman yang luas dalam bidang teknologi informasi dan telah berhasil mengimplementasikan solusi digital yang inovatif di Kalurahan Pleret.

Selama kunjungan, rombongan Desa Bati-Bati mendapatkan penjelasan rinci tentang berbagai aplikasi dan sistem yang telah diterapkan di Kalurahan Pleret, seperti sistem informasi desa, layanan administrasi online, dan berbagai platform komunikasi yang memudahkan warga untuk mengakses informasi dan layanan pemerintahan.

Bapak Mus Mulyadi, Kepala Desa Bati-Bati, menyatakan, "Kami sangat menghargai kesempatan ini untuk belajar dari Kalurahan Pleret. Kami berharap dapat menerapkan berbagai konsep dan teknologi yang kami pelajari dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga Desa Bati-Bati."

Kunjungan ini merupakan langkah awal dalam upaya Desa Bati-Bati untuk bertransformasi menjadi desa yang lebih modern dan terkoneksi secara digital. Dengan wawasan yang diperoleh dari Kalurahan Pleret, mereka berencana untuk mengimplementasikan berbagai perubahan yang dapat memberikan manfaat nyata kepada masyarakat desa mereka.

Ini adalah contoh konkret bagaimana desa-desa di seluruh Indonesia semakin sadar akan pentingnya digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Semoga kunjungan ini menjadi langkah awal yang menginspirasi banyak desa lainnya untuk mengikuti jejak dalam memanfaatkan teknologi untuk kemajuan mereka.