Desa ADAT KUTUH BALI, Jadi Kunjungan BPD selanjutnya

18 Oktober 2019
Vaksin
Dibaca 292 Kali
Desa ADAT KUTUH BALI, Jadi Kunjungan BPD selanjutnya

infoPleret-  Jum'at, 18 Oktober 2019 jam 11.00 WIB dilaksanakan kunjungan kerja BPD Desa Pleret bersama Pemerintah Desa Pleret di Desa Adat Kutuh, Kabupaten Badung, Bali yang menjadi perhatian masyarakat setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung untuk mengapresiasi desa yang berhasil mengelola dana desa secara tepat sasaran tersebut.
Desa yang dahulu miskin itu berhasil meraup pendapatan Rp 50 miliar dan laba bersih Rp 14,5 miliar per tahun dari bisnis pariwisata.

Desa Kutuh juga meraih gelar juara I nasional dalam lomba desa kategori regional II (Jawa dan Bali) yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu. Padahal, dahulu Desa Kutuh merupakan salah satu desa miskin di Bali. Saat ini rata-rata jumlah kunjungan wisatawan di desa tersebut diperkirakan mencapai 3 ribu orang per hari. Kesuksesan di bidang pariwisata mengantarkan Desa Kutuh menjadi desa percontohan bagi desa lainnya di Indonesia.
Dalam kesempatan ini ketua BPD Desa Pleret Bapak Rosid Husaini, S.Ag. bersama Lurah Desa Pleret H. Nurman Afandi berharap nantinya bisa mengaplikasi hal-hal yang baik dan bisa diterapkan di Desa Pleret Kecamatan Pleret.
Perbekel Kutuh I Wayan Purja, SE menyampaikan bahwa keberhasilan Desa Kutuh dalam mengelola sumberdaya yang ada karena ada peran serta dari seluruh pihak yang tidak kenal lelah berusaha memajukan desa Kutuh.
Hingga saat ini, Desa Kutuh sudah memiliki 9 unit usaha diantaranya Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Kawasan Wisata Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, Area Paragliding dengan tarif USD 100 per 20 menit, seni budaya Kecak, Unit Barang jasa, Unit Piranti Yatna (keagamaan), Unit Transportasi dan Unit Jasa Konstruksi.