Kades dan BPD Se-Kabupaten Polewali Mandar Kunjungi Situs Ratu Malang

25 November 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 45 Kali
Kades dan BPD Se-Kabupaten Polewali Mandar Kunjungi Situs Ratu Malang

InfoPleret - Pada Sabtu, 25 November 2023, Kepala Desa (Kades) beserta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kabupaten Polewali Mandar melaksanakan kunjungan bersejarah ke Situs Ratu Malang Gunungkelir, Pleret, Bsntul. Rombongan ini tidak hanya bertujuan untuk menjelajahi keindahan alam, namun juga dalam rangka peningkatan kapasitas di desa digital Kalurahan Pleret.

Kunjungan dimulai dari Situs Ratu Malang Gunungkelir, tempat bersejarah yang memiliki nilai budaya dan spiritual tinggi. Rombongan Kades dan BPD tampak antusias dalam memahami sejarah dan kearifan lokal yang terkandung di situs ini. Diskusi intensif mengenai cara menjaga serta mempromosikan warisan budaya pun menjadi salah satu fokus utama.

Tak hanya berhenti di situ, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke berbagai situs di Kalurahan Pleret. Salah satu kunjungan penting adalah ke Situs Makam Ratu Malang, sebuah situs yang memiliki kekayaan sejarah yang mendalam. Rombongan meyakini bahwa memahami akar sejarah lokal adalah langkah penting untuk membangun dan mengembangkan desa secara holistik.

Perjalanan tak berhenti sampai di situ. Rombongan juga mengunjungi Situs Taman Benteng Mataram di Kedaton, sebuah peninggalan bersejarah dari era Kerajaan Mataram Islam. Di tengah pepohonan yang rindang, Kades dan BPD terlibat dalam dialog yang membangun mengenai bagaimana melestarikan dan memanfaatkan warisan sejarah ini untuk kesejahteraan masyarakat setempat.

Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. menyampaikan, "Kunjungan ini bukan hanya tentang sejarah, tapi juga tentang melibatkan masyarakat dalam mengoptimalkan kapasitas digital di desa. Kami berkomitmen untuk memadukan nilai-nilai tradisional dengan kemajuan teknologi demi meningkatkan kualitas hidup dan peluang ekonomi di Kalurahan Pleret."

Kegiatan ini menjadi momentum berharga untuk menciptakan sinergi antara pelestarian budaya dan kemajuan teknologi. Diharapkan, kunjungan ini dapat memberikan inspirasi dan dorongan positif bagi perkembangan desa-desa di sekitarnya. Desa digital bukan sekadar konsep, tetapi sebuah langkah nyata menuju masa depan yang lebih baik.