SENTONO FEST 2023 Sebagai Sarana Menjalin Silaturrahmi

29 November 2023
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 70 Kali
SENTONO FEST 2023 Sebagai Sarana Menjalin Silaturrahmi

LERENG SENTONO (25/11) – Tim Pelaksana Dahlan Muda Mengadi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Ahmad Dahlan bersama Masyarakat Tambalan dan Gunungkelir mengadakan serangkaian kegiatan masyarakat bertajuk festival bernama “SENTONO FEST 2023”. Kegiatan ini memiliki tujuan lain dan bukan adalah sebagai media hiburan masyarakat terutama wilayah Padukuhan Tambalan-Gerjen, Gunungkelir, Kauman, Trayeman serta masyarakat luas secara umum.

SENTONO FEST 2023 memiliki tema “Menciptakan Harmoni Keseimbangan Hidup di Lingkungan Mataram”. Maksud dan Tujuan berdirinya kegiatan ini selain sebagai media hiburan, adalah sebagai media persatuan agar terciptanya harmoni keseimbangan hidup dalam bermasyarakat sesuai dengan tema yang dicanangkan bersama. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Nur Afi Ardiansyah sebagai Ketua Panitia SENTONO FEST 2023, dan Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. sebagai perwakilan resmi dari Pemerintah Kalurahan Pleret sekaligus yang membuka acara SENTONO FEST 2023. “Bismillahirrahmanirrahim, SENTONO FEST tahun 2023 dengan ini dinyatakan dibuka .. (mengetuk mikrofon sebanyak 3x)” sambut Taufiq.

Pada Sabtu (25/11), diadakan perlombaan seni rupa untuk anak-anak di Lereng Sentono, Pleret. Lomba mewarnai diikuti oleh 50 peserta, dengan objek Gambar Gerbang Pleret. Pemenangnya adalah Kaneez Abia Asmara dari SD Negeri Baturetno Kelas 1. Lomba menggambar digelar dengan 29 peserta dengan binatang sebagai objek gambar. Pemenang menggambar adalah Gibran Rafandra Arsa dari SD Negeri 5 Kotagede kelas 1. Lomba tari tunggal menampilkan 16 peserta dengan berbagai tarian tradisional, dan pemenangnya adalah Silvya Arkha Maria Qhyptiya. Kegiatan ini diharapkan menjadi event tahunan di Lereng Sentono, mendukung promosi "Heritage Of Mataram." Taufiq Kamal berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan untuk memajukan lokasi wisata tersebut.

Selain kegiatan Festival Anak, SENTONO FEST 2023 juga menghadirkan Tabligh Akbar bertemakan “Merajut Harmoni Ukhuwah Islamiyyah” dengan pemateri Ustadz Arif Munajat, S.Pd., dari Sleman, Yogyakarta dan Tim Hadroh Subulussalam dari Depok Wonolelo. Arif Munajat dalam ceramahnya menyampaikan pula pentingnya persatuan umat yang membuat umat itu akan senantiasa rukun dan tenang. “Kalau kita melihat atau mendengar saudara kita yang seneng mendapatkan kenikmatan, kitapun ikut senang. Kalau ada kita mendengar mengetahui saudara kita yang mendapat musibah, ujian, kesusahan, kitapun merasakan susah, nek iso ya nulung, yen raiso nulung yo ngaroke, dene ra sempet dongake, mekaten ingkang dadosaken terjalin hubungan ukhuwah pasederekan rekat ajeningipun kita menjalin hubungan kekeluargaan utawi silaturrahmi” pungkas Arif. Acara ini berlangsung secara lancar dengan menghadirkan jamaah kurang lebih sebanyak 1000 Jamaah dari berbagai penjuru untuk bersama-sama menghadiri Tabligh Akbar. Disediakan pula konsumsi bagi para jamaah dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi IMM FAST UAD.

Kegiatan SENTONO FEST 2023 ini pun diakhiri dengan kegiatan senam bersama pada Ahad (26/11). Kegiatan senam tersebut menghadirkan Ella Wijaya sebagai instruktur senam, Ella sangat menguasai setiap gerakan senam yang dilakukan, sehingga warga yang ikut dapat mengikuti baik dari kelompok senam maupun yang non-kelompok senam. Kelompok senam yang hadir pada acara tersebut yakni dari tambalan bernama BBC (Babon Bugar Club) dan Kelompok Senam Gunungkelir. Selain itu, disediakan juga stand makanan dan minuman sehingga mampu mendobrak perekonomian warga setempat. 

Disela-sela kegiatan pembagian doorprize, dihadirkan pula hiburan berupa nyanyian oleh warga setempat yang dapat membangunkan kembali jiwa enerjik bagi warga supaya ketika pembagian hadiah doorprize, warga yang terpilih tidak luput dari hadiahnya dan menjadikan suasana menjadi ramai dan tentunya guyup rukun.