Kunjungan LPM dan Linmas Desa Mengwitani: Inisiatif Tata Kelola Sampah di Kalurahan Pleret

09 November 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 64 Kali
Kunjungan LPM dan Linmas Desa Mengwitani: Inisiatif Tata Kelola Sampah di Kalurahan Pleret

Pleret, Bantul - Kamis, 9 November 2023 Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Linmas Desa Mengwitani melakukan kunjungan bersama untuk menggali informasi dan mendukung upaya tata kelola sampah di Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul. Kunjungan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat dalam mengelola sampah dengan lebih efektif dan berkelanjutan.

Kunjungan dimulai dengan sambutan hangat dari Panewu Pleret Ibu Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos, MM., yang menyambut antusias kehadiran LPM dan Linmas Desa Mengwitani. Dalam acara tersebut, LPM dan Linmas Desa Mengwitani berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait praktik tata kelola sampah yang berhasil diimplementasikan di desa mereka.

Salah satu fokus utama kunjungan ini dan disampaikan materinya oleh Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. adalah penerapan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam pengelolaan sampah. Lurah Pleret, menyampaikan bahwa pendekatan ini telah membantu desa mereka mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan serta meningkatkan efisiensi dalam pengelolaannya.

Dengan semangat pemberdayaan masyarakat yang kental, kunjungan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk menciptakan Desa Mengwitani yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.