Peringati Satu Tahun Berdiri : Paguyuban Seni Karawitan Mulyo Laras Gunungan Adakan Pentas Seni

02 Desember 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 38 Kali
Peringati Satu Tahun Berdiri : Paguyuban Seni Karawitan Mulyo Laras Gunungan Adakan Pentas Seni

InfoPleret - Dalam rangka memperingati 1 (satu) tahun berdirinya Paguyuban Seni Karawitan Mulyo Laras maka pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 pukul 20.00 WIB bertempat di Joglo Bapak Icuk Haryanto diadakan pentas seni karawitan.

Hadir dalam pentas seni karawitan ini Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Bapak Bagus, Panewu Pleret diwakili oleh Bapak Witarno, Lurah Pleret diwakili oleh Kamituwa Bapak Anang Jatmiko dan warga masyarakat Padukuhan Gunungan.

Dalam sambutannya Kamituwa Pleret Bapak Anang Jatmiko menyampaikan selamat atas satu tahun berdirinya Paguyuban Seni Karawitan Mulyo Laras Padukuhan Gunungan. Selanjutnya memberikan apresiasi kepada Paguyuban Seni Karawitan Mulyo Laras pada khususnya dan masyarakat Padukuhan Gunungan pada umumnya yang telah ikut melestarikan kebudayaan Jawa yaitu Senin karawitan. Selain itu juga merasa bangga sebagian besar anggota karawitan adalah anak anak muda.

Kamituwa juga menyampaikan bahwa tahun 2024 Kalurahan Pleret sudah meraih predikat Kalurahan Budaya. Dengan predikat Kalurahan Budaya tersebut Kalurahan Pleret akan mendapatkan banyak fasilitasi dari Dinas Kebudayaan DIY terkait dengan pengembangan dan pelestarian kebudayaan Jawa.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Bapak Bagus juga menyampaikan selamat atas satu tahun berdirinya Paguyuban Seni Karawitan Mulyo Laras. Berharap semoga pengajuan seperangkat gamelan yang diajukan Paguyuban Seni Karawitan Mulyo Laras kepada Dinas Kebudayaan DIY pada tahun 2024 dapat direalisasikan sehingga nantinya dapat menambah semangat dalam berlatih karawitan dan juga menambah motivasi dalam ikut mengembangkan dan melestarikan budaya Jawa khususnya seni karawitan.

Perlu diketahui bahwa di Padukuhan Gunungan pada tahun 2010 telah berdiri Paguyuban Seni Karawitan Laras Mulyo akan tetapi beberapa tahun terakhir ini tidak aktif. Dan sebagai regenerasinya berdirilah Paguyuban Seni Karawitan Mulyo Laras yang sebagian anggotanya dari kalangan anak muda.