Bupati Belitung Ajak Sekda, 15 OPD, Camat Serta Kades Kunjungan Kerja ke Kalurahan Pleret

23 Februari 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 192 Kali
Bupati Belitung Ajak Sekda, 15 OPD, Camat Serta Kades Kunjungan Kerja ke Kalurahan Pleret

infoPleret - Kamis, 23 Februari 2023 Lurah Pleret kedatangan tamu istimewa dari Kabupaten Belitung yang melakukan kunjungan kerja dan studi lapangan tentang desa digital di Pendopo Kalurahan Pleret Kabupaten Bantul.

Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos yang didampingi oleh Sekretaris Daerah H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si membawa rombongan 15 OPD Kabupaten Belitung, Camat serta Kades kunjungan kerja dan studi lapangan di Pemerintah Kalurahan Pleret Kabupaten Bantul Provinsi DIY.

Rombongan disambut oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan Bapak  Yulius Suharta, S.Sos, M.Si, Panewu Pleret Ibu Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos, MM., Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. serta Pamong Kalurahan Pleret.

“Alasan kami melakukan kunjungan studi tiru di sini, dari informasi yang kami dapatkan, desa (kalurahan) ini sudah menerapkan pelayanan desa digital. Selain itu, Pleret juga sukses mewujudkan Desa Wisata, bahkan UMKM yang ada juga didorong untuk maju,” kata Bupati Belitung.

Ia pun menyampaikan apresiasi dan harapannya, agar pada kunjungan studi tiru ini bisa memetik banyak hal dari Kalurahan Pleret.

Lurah Pleret dalam paparannya menyampaikan berbagai macam inovasi yang sudah diterapkan di Pemerintah Kalurahan Pleret yang salah satunya dibidang digitalisasi pelayanan dan pemerintahan kalurahan. Lurah pleret juga menyampaikan pentingnya database kependudukan yang lengkap dan detail untuk dipergunakan sebagai dasar penentuan kebijakan terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat kalurahan. 

Dalam sesi tanya jawab para peserta sangat antusias terhadap inovasi - inovasi yang ada di pleret, mereka banyak menanyakan tentang seberapa besar kemanfaatan desa digital dalam rangka memajukan desa dan perannya dalam usaha mensejahterakan masyarakat desa. Peserta juga menanyakan seberapa manfaat digitalisasi pemerintahan desa untuk membantu perangkat desa dalam menjalankan tupoksinya.

Dan akhirnya lurah pleret mengajak seluruh peserta kunjungan kerja untuk bisa bersama-sama membangun Indonesia dari desa, jika semua desa di Indonesia maju maka otomatis NKRI akan maju juga.

Sekadar diketahui, kegiatan studi tiru di Kalurahan Pleret diawali paparan materi tentang potensi dan sistem tata pemerintahan Kalurahan Pleret. Setelah itu, rombongan Pemerintah Kabupaten Belitung diajak berkeliling wilayah Kalurahan Pleret untuk mengenal potensi lebih dekat.