Pelatihan Pembuatan Kuliner Apem "Desa Prima" Kalurahan Pleret

27 Februari 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 438 Kali
Pelatihan Pembuatan Kuliner Apem

InfoPleret - Senin, 27 Februari 2023 Desa Prima Kalurahan Pleret mengadakan pelatihan pembuatan makanan tradisional Apem yang di selenggarakan atas kerjasama Pemerintah Kalurahan Pleret dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi DIY.

Dalam rangka peningkatan produktivitas kelompok ekonomi produktif (KEP) desa prima, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui DP3AP2 DIY melakukan pembinaan terhadap desa prima. Bertempat di Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta sebanyak 25 anggota desa prima mendapatkan materi tentang pembuatan makanan tradisional Apem untuk bisa dilestarikan menjadi makanan tradisional dari kalurahan pleret.

Lurah Pleret Kabupaten Bantul Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada DP3AP2 DIY yang telah berpartisipasi mengadakan kegiatan bagi anggota desa prima di Kalurahan Pleret. Dipilihnya apem sebagai makanan tradisional khas pleret juga dalam rangka persiapan Hari Jadi Pemerintah Kalurahan Pleret yang akan diselenggarakan besok tanggal 19 Maret 2023 mendatang, dan akan dimeriahkan dengan kirab apem didalam puncak acaranya.

Dalam pelatihan ini juga diadakan penilaian terhadap hasil apem yang dibuat oleh kelompok desa prima dengan menghadirkan juri dari Panewu Pleret Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos., MM., Dan juga Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., diharapkan dengan penilaian ini dapat membuat anggota desa prima bersemangat dalam mengikuti tahapan pelatihan dari awal hingga selesai.

Diharapkan kedepan eksistensi desa prima dalam memajukan kaum perempuan Indonesia yang mandiri  bisa terus berjalan dan berkesinambungan. Tentunya kerjasama antara Pemerintah Kalurahan Pleret bersama DP3AP2 akan terus diupayakan dan berlanjut untuk masa-masa mendatang.