Lurah Pleret Menjadi Narasumber Sekolah Jurnalisme Desa di Padepokan Kilen Lepen Sentolo Kulonprogo

12 Maret 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 474 Kali
Lurah Pleret Menjadi Narasumber Sekolah Jurnalisme Desa di Padepokan Kilen Lepen Sentolo Kulonprogo

InfoPleret - Sabtu, 11 Maret 2023 pukul 16.00 WIB. Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. menghadiri acara Sekolah Jurnalisme Desa (SJD) yang diadakan oleh wiradesa.co di Padepokan Kilen Lepen Sentolo Kulonprogo.

Peserta SJD adalah para pemuda desa ini terpilih mewakili desanya masing-masing, untuk belajar, berkarya, dan berbagi informasi desa. Setelah mengikuti SJD, diharapkan mereka mampu membuat karya jurnalistik peduli desa, baik berupa teks atau tulisan, gambar atau foto, maupun video. Karya itu nantinya ditayangkan ke berbagai platform media, baik media pers maupun media sosial.

“Visi Sekolah Jurnalisme Desa adalah belajar, berkarya. dan berbagi,” ujar Ilyasi, Direktur SJD, Jumat 10 Maret 2023. Pada pelaksanaan SJD, instruktur dan peserta sama-sama belajar tentang informasi apa yang dibutuhkan masyarakat desa. Selanjutnya berkarya bersama membuat karya jurnalistik yang diinginkan warga desa. (wiradesa.co)

Lurah Pleret dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber dengan tema  "pleret desa wisata dan desa digital". Peserta sekolah jurnalisme desa yang kebanyakan dari para kaum muda pewarta dan pecinta jurnalistik desa di wilayah Kabupaten Kulonprogo sangat antusias terhadap materi yang disampaikan oleh Bapak Taufiq, mereka sering memberikan applous setiap narasumber selesai memaparkan materi tentang Inovasi-inovasi digital yang banyak sekali dikembangkan dan sudah diterapkan oleh Pemerintah Kalurahan Pleret.

Lurah Pleret berharap para peserta yang masih muda ini bisa mengawal transparansi pemerintahan desa yang ada di wilayahnya masing-masing. Karena selama ini stigma masyarakat terhadap pemerintah desa banyak yang masih negatif, sehingga perlu banyak diberitakan hal hal positif yang selama ini ada di pemerintahan desa. Dengan membangun transparansi terhadap kegiatan dan keuangan tentunya akan membuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa bisa kembali terjaga.

Acara sekolah jurnalisme desa pun berakhir pada pukul 15:30 dan ditutup dengan sesi foto bersama narasumber Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs.