Syawalan Pratugas P3MD Angkatan 2015 di Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta

10 Mei 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 418 Kali
Syawalan Pratugas P3MD Angkatan 2015 di Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta

InfoPleret - Selasa, 9 Mei 2023 Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta menjadi pilihan tempat pelaksanaan Syawalan dan Sarasehan Pratugas Pendamping Desa (P3MD) angkatan 2015.

Hadir dalam acara ini Koordinator Kabupaten P3MD Kabupaten Sleman Margi G., TA P3MD Provinsi DIY,  TA P3MD Kabupaten Bantul, Lurah Desa Kemalang, serta Pendamping Desa dan mantan pendamping desa di 4 Kabupaten angkatan 2015.

Syawalan dan reuni sekaligus sarasehan ini dalam rangka temu kangen setelah hampir 3 tahun tidak ada pertemuan dikarenakan vovid-19. Dan dipilihnya Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta karena banyak yang tertarik dengan arsitektur unik yang mengingatkan semangat zaman kejayaan Mataram Islam yang pernah ada di pleret.

Kaur Tatalaksana Kalurahan Pleret yang juga mantan Pendamping Desa Pratugas 2015 selaku Shohibul bait menyampaikan bahwa "Gerbang Pleret" berfungsi mengenalkan "Kerto Pleret" sebagai cikal bakal Mataram Islam dan Yogyakarta sebagai kota berbudaya luhur. Gerbang Pleret memiliki satu bangunan besar yaitu ruang audio visual yang difungsikan sebagai informasi pengenalan sejarah Pleret. 

Selain itu juga bisa digunakan untuk co-working atau ruang pertemuan. Terdapat pula bangunan kios UMKM yang berfungsi untuk menampilkan potensi-potensi UMKM, seperti aneka kuliner, kerajinan, jejamuan, jajanan pasar, makanan tradisional dan fashion.

Gerbang Pleret juga menjadi icon tersendiri yang menjadikan Kalurahan Pleret lebih dikenali oleh masyarakat luas setelah bisa mendapatkan juara 3 lomba desa tingkat regional Jawa Bali yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemdes Kemendagri.