Pelatihan Budidaya Jahe Gajah Bersama KWT Puspa Gemari Kedaton

11 Mei 2023
Eko Sapto
Dibaca 431 Kali
Pelatihan Budidaya Jahe Gajah Bersama KWT Puspa Gemari Kedaton

InfoPleret - Rabu tanggal 10 Mei 2023 merupakam hari istimewa bagi pengurus dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Puspa Gemari Dusun Kedaton karena mendapatkan pelatihan teknik budidaya jahe Gajah yang dibimbing langsung di lokasi Demplot KWT.

Hadir dalam acara ini dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang diwakili oleh Kepala Bidang P3UP Bapak Imawan, Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs, serta Pengurus fan anggota KWT Puspa Gemari Kedaton Pleret.

Sejumlah 70 karung Media tanam dan bibit jahe Gajah dipersiapkan untuk praktik langsung menanam jahe yang benar dan menghasilkan.

Pertama-tama peserta dijelaskan oleh nara sumber terkait proses persiapan Media tanam, persiapan bibit dari pemilihan bibit yang bagus lalu dicuci bersih kemudian jahe dipotong dengan menggunakan pisau steril menjadi beberapa bagian, setelah itu jahe direndam dengan cairan PGPR. Kemudian jahe siap ditanam ke polybag maupun media tanam dalam karung yang telah dilubangi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul dengan dibantu BPP Kapanewon Pleret.

Harapannya, melalui pelatihan yang rencananya dilaksanakan tiga hari ini, peserta KWT Puspa Gemari mampu menjadi pembudidaya jahe sehingga dapat mensuplai kebutuhan jahe di berbagai konsumen. Selain itu juga dapat menjadi penyedia bibit jahe yang bagus dan berkualitas.

Sumber :Tsalis Nur Sholikhah