Lurah Pleret Dampingi Pengukuran Lokasi Pembangunan Sarana Kebudayaan BKK Dais di Gunungkelir

15 Mei 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 406 Kali
Lurah Pleret Dampingi Pengukuran Lokasi Pembangunan Sarana Kebudayaan BKK Dais di Gunungkelir

InfoPleret - Senin 15 Mei 2023 Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. dan Ulu-ulu Irfani Andhi Hermawan mendampingi TPK Danais Kalurahan Pleret melaksanakan pengukuran calon lokasi pembangunan sarana kebudayaan berupa fasad, landscape dan limasan di wilayah Padukuhan Gunungkelir.

Pembangunan sarana kebudayaan ini diraih melalui program BKK Kesejarahan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Provinsi DIY tahun 2023 dengan total penganggaran sebesar 1 milyar rupiah. Pembangunan sarana Kebudayaan ini dalam rangka mendukung keberadaan situs makam ratu malang dan ki dalang panjangmas yang berada di gunung sentono, pleret.

Situs ratu malang sendiri merupakan situs peninggalan kerajaan Mataram Islam zaman rajanya Amangkurat 2 yang telah mendirikan kraton plered yang tidak jauh dari kraton kerto peninggalan Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Diharapkan dengan dibangunnya sarana dan prasarana kebudayaan di seputaran lereng sentono ini dapat menjadikan pusat kegiatan kebudayaan masyarakat sekitar dan dapat menunjang fasilitas para peziarah yang datang ke makam ki dalang panjangmas dan ratu malang. 

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang dokumen BKK Dana Keistimewaan di Kalurahan Pleret dapat dilihat di tautan berikut : https://dokumen.pleret.id/bkk-dais

#situs

#makamratumalang

#dalangpanjangmas

#pleretheritageofmataram

#BkkKesejarahan

#KundhaKabudayanDIY