Kunjungan Guru dan Siswa MTsN 6 Bantul di Gerbang Pleret

03 Mei 2023
ringgasari
Dibaca 430 Kali
Kunjungan Guru dan Siswa MTsN 6 Bantul di Gerbang Pleret

InfoPleret- Kunjungan Siswi MTS Pleret Yogyakarta ke Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta pada Rabu pagi, 3 Mei 2023.
Memasuki hari pertama KBM setelah libur hari raya, MTS Pleret Yogyakarta meluangkan waktu untuk mengunjungi situs gerbang pleret. Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan Bangunan Arsitektur Gaya Yogyakarta yang menggambarkan sejarah budaya daerah zaman Sultan Agung Hanyokrokusumo khususnya untuk siswi yang berdomisili luar Yogyakarta.

Para siswi antusias dalam kunjungan tersebut, Bangunan Arsitektur Gaya Yogyakarta atau lebih dikenal dengan nama "Gerbang Pleret" berfungsi mengenalkan "Kerto Pleret" sebagai cikal bakal Mataram Islam dan Yogyakarta sebagai kota berbudaya luhur. Gerbang Pleret memiliki satu bangunan besar yaitu ruang audio visual yang difungsikan sebagai informasi pengenalan sejarah Pleret. 

Selain itu juga bisa digunakan untuk co-working atau ruang pertemuan. Terdapat pula bangunan kios UMKM yang berfungsi untuk menampilkan potensi-potensi UMKM, seperti aneka kuliner, kerajinan, jejamuan, jajanan pasar, makanan tradisional dan fashion.

Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. mengatakan Gerbang Pleret diresmikan September 2022, untuk menumbuhkan semangat mempersatukan wisata minat khusus, wisata sejarah maupun wisata alam di wilayah ini.

Seperti diketahui di wilayah Pleret zaman dahulu pernah berdiri kerajaan Mataram Islam.

"Jadi, Gerbang Pleret ini semacam titik kumpul. Wisatawan silakan datang kemari, akan ada petugas yang menerangkan dan mengantar wisatawan mana yang hendak dituju," katanya.

Gerbang Pleret dilengkapi area parkir, kafe, warung makan hingga studio mini yang representatif untuk memutar film ataupun profil wisata daerah itu.