PPS Kalurahan Pleret Adakan Sosialisasi Pemilu 2024 Kepada Masyarakat Gunungan

12 Juni 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 426 Kali
PPS Kalurahan Pleret Adakan Sosialisasi Pemilu 2024 Kepada Masyarakat Gunungan

InfoPleret - PPS Kalurahan Pleret pada hari Senin (12/6/2023) mengadakan sosialisasi Pemilu 2024 kepada masyarakat Gunungan. Sosialisasi ini dilaksanakan pada forum pertemuan rutin kelompok peternak "Andhini Lestari" Gunungan yang mempunyai jumlah anggota 25 orang.

Tujuan dari sosialisasi ini agar masyarakat mengetahui mengenai pemilu tahun 2024 dan diharapkan dapat ikut menyukseskan kegiatan pemilu tersebut. 

Dalam sosialisasi ini PPS Kalurahan Pleret yang diwakili oleh Yuono Purwanto selaku staf sekretariat PPS menyampaikan mengenai hari dan tanggal pemungutan suara pemilu 2024 yaitu hari Rabu tanggal 14 Februari 2024. Pada pemilu 2024 ini mencoblos 5 (lima) jenis surat suara yaitu : Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Selain itu juga menjelaskan mengenai Daerah Pemilihan (dapil) dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten, dimana Kapanewon Pleret berada di dapil 3 bersama Kapanewon Dlingo dan Imogiri dengan jumlah kursi 7. Sedangkan untuk Dapil Anggota DPRD Provinsi berada di D.I. Yogyakarta 2 Bantul A yang terdiri dari Kapanewon Pleret, Kretek, Pundong, Bambanglipuro, Jetis, Imogiri, Dlingo, Banguntapan, dan Piyungan. Adapun jumlah kursinya sebanyak 7 kursi.

Selanjutnya juga disampaikan mengenai partai politik peserta Pemilu Tahun 2024 yaitu sebanyak 18 partai politik nasional beserta nomor urutnya. Sebagai penutup sosialisasi disampaikan mengenai pengecekan Daftar Pemilih melalui website https://cekdptonline.kpu.go.id atau melalui scan barcode yang ada di lembar sosialisasi.