Wisuda Dan Pelepasan Siswa Kelas 6 SD N Pungkuran

17 Juni 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 466 Kali
Wisuda Dan Pelepasan Siswa Kelas 6 SD N Pungkuran

InfoPleret - Pada hari Sabtu 17 Juni 2023, hari yang penuh haru dan sukacita, SD Negeri Pungkuran di Kalurahan Pleret, Kabupaten Bantul, menggelar acara wisuda dan pelepasan siswa kelas 6. Acara bersejarah ini dihadiri oleh Korwil Kapanewon Pleret Disdikpora Bantul, Pengawas Sekolah Dasar, Ketua Komite Sekolah, Babinsa Pleret Bapak Dedik, Bhabinkamtibmas Aipda Rofiq Dwi Hartanto, Kaur Tatalaksana Rifqi Fatoni, A.Md. yang mewakili pemerintah Kalurahan Pleret, Dukuh Pungkuran Ariyanto, serta para Guru, Orang tua dan keluarga siswa. Wisuda dan pelepasan ini tidak hanya menandai akhir perjalanan mereka di tingkat dasar, tetapi juga merupakan langkah awal mereka menuju masa depan yang cerah.

Acara wisuda dan pelepasan siswa kelas 6 merupakan momen yang istimewa dalam kehidupan sekolah. Setiap tahun, siswa-siswa yang telah menyelesaikan pendidikan dasar mereka merayakan pencapaian mereka sekaligus mengucapkan selamat tinggal kepada teman-teman dan guru-guru yang telah mendampingi mereka selama bertahun-tahun.

Pada acara tersebut, Kaur Tatalaksana yang hadir mewakili pemerintah Kalurahan Pleret memberikan sambutannya dengan penuh semangat dan harapan. Beliau menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru yang telah membimbing para siswa-siswi sampai lulur jenjang pendidikan dasar, apresiasi juga kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan pendidikan dasar mereka. Kaur Tatalaksana juga menekankan pentingnya pendidikan sebagai pondasi untuk membangun masa depan yang sukses.

Panitia wisuda sekolah SD Negeri Pungkuran, Nur Ali Sakdi, juga memberikan sambutan yang penuh haru. Ia mengucapkan terima kasih kepada siswa-siswa yang telah menjalani proses pendidikan dengan baik dan menghimbau mereka untuk terus belajar dan berusaha mencapai cita-cita mereka. Beliau juga berpesan kepada mereka untuk tidak melupakan akar dan jati diri mereka sebagai generasi penerus bangsa.

Selain sambutan dari pemerintah dan kepala sekolah, acara wisuda dan pelepasan siswa kelas 6 di SD Negeri Pungkuran juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni yang dipentaskan oleh siswa-siswa. Tarian, nyanyian, dan gamelan mengisi panggung sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan mereka atas pencapaian yang telah diraih.

Di tengah perayaan ini, orangtua dan keluarga siswa juga turut hadir untuk memberikan dukungan dan cinta kepada anak-anak mereka. Mereka merasa bangga dan haru melihat anak-anak mereka tumbuh dan berkembang menjadi individu yang tangguh dan berprestasi.

Puncak acara dilakukan dengan prosesi pemberian Samir yang dikalungkan ke siswa dan penyerahan ijazah oleh Kepala Sekolah SD N Pungkuran Kasidi, S.Pd kepada seluruh siswa kelas 6 yang 100 persen lulus semua dari jumlah siswa sebanyak 41 siswa.

Acara wisuda dan pelepasan siswa kelas 6 SD Negeri Pungkuran Pleret merupakan momen yang menginspirasi dan memotivasi tidak hanya bagi siswa-siswa yang merayakannya, tetapi juga bagi semua orang yang hadir. Peristiwa ini mengingatkan kita akan pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter dan masa depan generasi muda.