Finalisasi Kurikulum SD Negeri Kanggotan Tahun Pelajaran 2023/2024

23 Juni 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 294 Kali
Finalisasi Kurikulum SD Negeri Kanggotan Tahun Pelajaran 2023/2024

InfoPleret - Pada Jumat, 23 Juni 2023 pukul 13.00 WIB, SD Negeri Kanggotan menyelenggarakan acara Finalisasi kurikulum untuk tahun pelajaran 2023/2024. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Pengawas Sekolah Korwil Kapanewon Pleret Ibu Siti Muhaiminah, M.Pd., Kepala Sekolah SD Negeri Kanggotan Ibu Warsinah, S.Pd., M.Pd., Komite dan Dewan Sekolah, serta perwakilan siswa.

Dalam acara finalisasi ini, para peserta membahas penyesuaian dan peninjauan kurikulum yang akan diterapkan di SD Negeri Kanggotan. Setelah melakukan evaluasi yang komprehensif, keputusan diambil untuk melanjutkan penggunaan Kurikulum 2013 dengan beberapa penyesuaian, serta memperkenalkan Kurikulum Merdeka sebagai pendekatan pendidikan yang inovatif.

Titik berat finalisasi kurikulum ini adalah penerapan 5 hari sekolah dalam satu minggu, dengan penekanan pada Kurikulum 2013 dan pemanfaatan Kurikulum Merdeka.

Pertama-tama, SD Negeri Kanggotan akan meneruskan penggunaan Kurikulum 2013 yang telah terbukti memberikan landasan pendidikan yang kuat. Kurikulum ini telah melalui serangkaian penyesuaian dan peningkatan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari pengajar, siswa, serta stakeholder terkait.

Dalam rangka memperkaya pengalaman belajar siswa, penggunaan Kurikulum Merdeka juga diperkenalkan. Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk menggali minat, bakat, dan kreativitas mereka sendiri dalam proses pembelajaran. Melalui Kurikulum Merdeka, siswa didorong untuk mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran, mengembangkan keterampilan abad ke-21, serta menjalin keterkaitan antara pembelajaran di sekolah dengan kehidupan sehari-hari.

Kepala Sekolah SD Negeri Kanggotan, Ibu Warsinah, S.Pd., M.Pd., menyampaikan materi, "Finalisasi kurikulum ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri Kanggotan. Dengan memadukan Kurikulum 2013 yang terbukti berhasil dengan pendekatan inovatif Kurikulum Merdeka, kami berharap siswa akan memiliki pengalaman belajar yang lebih holistik dan relevan dengan tuntutan zaman."

Selain itu, Pengawas Sekolah Dasar Korwil Kapanewon Pleret Ibu Siti Muhaiminah, M.Pd. yang menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya finalisasi kurikulum yang ada di SD Negeri Kanggotan. Perbedaan kurikulum tergantung pada karakteristik yang ada di sekolah masing-masing.

Komite dan Dewan Sekolah juga memberikan dukungan penuh terhadap finalisasi kurikulum ini. Mereka memahami pentingnya peningkatan mutu pendidikan dan siap untuk mendukung implementasi kurikulum baru.