Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih Hadiri Gema Takbir dan Ukhuwah PRNU Pleret

29 Juni 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 437 Kali
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih Hadiri Gema Takbir dan Ukhuwah PRNU Pleret

InfoPleret - Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, menghadiri Festival Takbir yang diselenggarakan oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Kalurahan Pleret pada hari Rabu, 28 Juli 2023. Acara berlangsung di Lapangan Kanggotan Kalurahan Pleret dan dihadiri oleh Forkompinkap Kapanewon Pleret, Pengurus NU Pleret, Lurah, dan Pamong Kalurahan Pleret.

Festival Takbir ini merupakan salah satu acara yang diadakan dalam rangka memeriahkan momen Gema Takbir dan memperkuat rasa ukhuwah antara warga NU di Kalurahan Pleret. Acara ini juga bertujuan untuk menguatkan solidaritas antara pengurus NU, Forkompinkap, dan pemerintah setempat dalam membangun komunitas serta sinergitas yang harmonis dan berdampingan.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, yang memberikan sambutan dan mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Pengurus Ranting NU Kalurahan Pleret dalam menyelenggarakan festival takbir tersebut. Beliau mengungkapkan pentingnya memelihara dan mengembangkan semangat kebersamaan serta rasa persaudaraan antara sesama umat Islam.

Selain itu, Forkompinkap Kapanewon Pleret juga turut hadir dalam acara tersebut. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan dan komitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan takbir. Dalam sambutannya, mereka mengimbau agar seluruh peserta dan warga yang hadir menjaga kekondusifan lingkungan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan persatuan.

Festival Takbir ini juga diikuti oleh 14 kafilah dari berbagai dusun yang ada di Pleret. Dalam lomba takbir ini, setiap kafilah berkompetisi untuk menyajikan takbir yang terbaik dan merdu serta menampilkan kreativitas yang sangat luar biasa dalam penampilan mereka. Penampilan para kafilah juga menggambarkan keindahan seni takbir dan semangat keagamaan yang tinggi.

Pengurus NU Pleret turut berperan aktif dalam mensukseskan acara ini. Mereka bekerja sama dengan banom-banom NU, tokoh masyarakat, serta dengan pemerintah setempat dalam mengatur segala persiapan dan pelaksanaan festival.

Lurah dan pamong Kalurahan Pleret juga memberikan dukungan penuh terhadap acara ini. Mereka berharap festival takbir ini dapat menjadi momen yang berharga dalam mempererat hubungan antara warga NU dan seluruh masyarakat Kalurahan Pleret.

Abdul Halim Muslih, Bupati Bantul, secara simbolis melepas rombongan kafilah secara resmi untuk melaksanakan takbir keliling mengitari sebagian wilayah di Kalurahan Pleret.