Pemerintah Kalurahan Pleret Terima Kunjungan Studi Tiru Pemerintah Kalurahan Madurejo Prambanan

18 Juli 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 396 Kali
 Pemerintah Kalurahan Pleret Terima Kunjungan Studi Tiru Pemerintah Kalurahan Madurejo Prambanan

InfoPleret - Pemerintah Kalurahan Pleret pada hari Senin (18/7/2023) menerima kunjungan dari Pemerintah Kalurahan Madurejo Kapanewon Prambanan Kabupaten Sleman. Hadir dalam kunjungan ini Lurah Madurejo Bapak H. Sumadi bersama seluruh Pamong Kalurahan Madurejo, Ketua Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal) Madurejo beserta anggota, dan Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan Madurejo (PKK, Karang Taruna, LPMKal, Pokdarwis, Gapoktan dan lembaga lainnya). Sementara dari Pemerintah Kalurahan Pleret yang hadir Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. beserta beberapa pamong dan Ketua Bamuskal.

Dalam sambutannya Lurah Madurejo Bapak H. Sumadi menyampaikan maksud kedatangannya yaitu dalam rangka untuk peningkatan kapasitas dan studi tiru terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan pariwisata di kalurahan. Lurah Madurejo berharap dengan kunjungan ini dapat mengambil pelajaran, pengetahuan dan pengalaman dari Pemerintah Kalurahan Pleret yang selanjutnya dapat ditiru atau diterapkan di Kalurahan Madurejo dalam rangka peningkatan penyelenggaraan pemerintahan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. dalam paparannya menyampaikan pentingnya Sistem Informasi Desa (SID) sebagai katalisator atau mempercepat dan mempermudah penyelenggaraan pemerintahan kalurahan. Selain itu juga menyampaikan sistem transparansi penyelenggaran pemerintahan kalurahan dan peningkatan proses ekonomi dengan memanfaatkan potensi lokal di kalurahan. Lurah Pleret selanjutnya juga menyampaikan pentingnya  pembuatan master plan dalam rangka perencanaan pembangunan di kalurahan. Dengan adanya master plan ini kalurahan bisa mengajukan proposal untuk meraih dana dari Pemarintah Kabupaten, Propinsi maupun Pusat.

Sebagai tindak lanjut dari kunjungan ini, Bapak Carik Madurejo menyampaikan akan mengirimkan pamong dan stafnya ke Pemerintah Kalurahan Pleret untuk belajar lebih lanjut mengenai Sistem Informasi Desa dan penyelenggaraan pemerintahan di Kalurahan Pleret.

Bapak Lurah Madurejo dan rombongan selanjutnya melaksanakan kunjungan ke situs situs peninggalan Kerajaan Mataram Islam dan ke museum purbakala Pleret dengan naik kereta mini. Dengan kunjungan ke situs situs ini diharapkan bisa memberi gambaran tentang pengembangan pariwisata di kalurahan.

 

Â