Lurah Pleret Hadiri Upacara Adat Rabungkasan

13 September 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 429 Kali
Lurah Pleret Hadiri Upacara Adat Rabungkasan

Bantul, 12 September 2023 - Pada malam Rabu terakhir bulan Sapar, Kalurahan Wonokromo Pleret, Bantul, kembali merayakan tradisi budaya yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas mereka. Upacara adat Rabupungkasan, yang ditandai dengan ikon Ngarak Lemper Raksasa, menghiasi Pendopo Kalurahan Wonokromo Kapanewon Pleret. Acara ini menjadi salah satu puncak perayaan setiap tahunnya, dan Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. turut hadir sebagai tamu undangan dalam upacara adat ini.

Tradisi ini telah berlangsung secara rutin selama bertahun-tahun, dimana masyarakat setempat berkumpul setiap malam Rabu terakhir bulan Sapar untuk mengadakan Saparan dengan ngarak Lemper Raksasa beserta beberapa gunungan. Upacara ini dihadiri oleh ribuan masyarakat sekitar yang datang untuk merasakan kemeriahan budaya lokal mereka.

Tahun ini, Lurah Pleret, Taufiq Kamal turut hadir sebagai bentuk dukungannya terhadap pelestarian warisan budaya di kalurahan wonokromo yang berdampingan dengan wilayah kalurahan pleret. Tentunya kedepan perlu dibangun sinergitas dalam menyelenggarakan kegiatan budaya di kedua wilayah.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, juga menghadiri acara ini sebagai wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Bantul terhadap kelestarian tradisi budaya daerah. Jajaran Pemkab Bantul, Forkompimkab, Jajaran Pamong Kalurahan Wonokromo serta ribuan masyarakat sekitar turut memeriahkan upacara yang diwarnai dengan kurab bergodo, musik tradisional, dan semangat gotong-royong.

Acara ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga menjadi momen penting dalam menjaga keberlanjutan tradisi leluhur. Dengan partisipasi dari berbagai elemen masyarakat, upacara adat Rabupungkasan dengan ikon Ngarak Lemper Raksasa tetap menjadi warisan berharga yang perlu dilestarikan bagi generasi mendatang.