Lurah Pleret Taufiq Kamal S.Kom., M.Cs., Menjadi Narasumber Sosialisasi Cagar Budaya

20 September 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 423 Kali
Lurah Pleret Taufiq Kamal S.Kom., M.Cs., Menjadi Narasumber Sosialisasi Cagar Budaya

Yogyakarta, 20 September 2023 - Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul menggelar acara sosialisasi dengan tema "Optimalisasi Publikasi Cagar Budaya untuk Kesejahteraan Masyarakat" di KJ Hotel Yogyakarta pada Selasa, 19 September 2023. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan upaya publikasi cagar budaya di Kabupaten Bantul.

Sosialisasi ini dihadiri oleh peserta tim publikasi media sosial Kalurahan di kabupaten Bantul. Narasumber yang hadir dalam acara ini memberikan pandangan yang beragam terkait dengan pentingnya sosialisasi cagar budaya.

Beberapa Narasumber diantaranya Risman Supandi, M. Pd., Kepala Bidang Warisan Budaya Kabupaten Bantul, Albertus Sartono, S.S., seorang sejarawan dan budayawan, Erwin Oktavian, dan Lurah Pleret Taufiq Kamal, S. Kom., M. Cs., memberikan wawasan tentang pemanfaatan teknologi dalam menarik wisata dan mempromosikan cagar budaya. Beliau menyatakan bahwa ada dua opsi yang dapat ditempuh, yaitu menjadi yang terbaik atau menjadi yang terunik dalam publikasi. Beliau juga menggarisbawahi peran teknologi digital sebagai katalisator untuk mencapai tujuan dengan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam upaya lebih optimal dalam publikasi cagar budaya di Kabupaten Bantul, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat setempat.