Forum Camat Se Indragiri Hulu Riau Kunjungi Desa Digital Pleret

30 September 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 86 Kali
Forum Camat Se Indragiri Hulu Riau Kunjungi Desa Digital Pleret

InfoPleret - Jum'at, 29 September 2023, Forum Camat se-Kabupaten Indragiri Hulu Kabupaten Riau mengadakan kunjungan istimewa ke Desa Digital Pleret. Rombongan ini diterima dengan hangat oleh Lurah Pleret Kabupaten Bantul, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., di Co-working Space Gerbang Pleret.

Kunjungan ini bertujuan untuk mendalami konsep Desa Digital yang telah menjadi sorotan di Provinsi DIY. Desa Digital Pleret merupakan salah satu inovasi yang berhasil mendigitalkan berbagai aspek pemerintahan desa terutama terkait pelaksanaan Reformasi birokrasi di desa. Dalam kunjungan ini, para Camat diharapkan dapat memetik inspirasi dan pelajaran berharga untuk diterapkan di wilayah masing-masing.

Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., mengatakan, "Kami sangat senang bisa berbagi pengalaman dengan para Camat dari seluruh Kabupaten Indragiri Hulu. Desa Digital Pleret adalah contoh nyata bagaimana teknologi dan digitalisasi dapat dipergunakan untuk menunjang reformasi birokrasi pemerintahan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, baik dalam hal pendidikan, ekonomi, maupun administrasi."

Selama kunjungan, para Camat diajak untuk mengenal berbagai fasilitas dan program yang telah diterapkan di Desa Digital Pleret. Mereka dapat melihat secara langsung bagaimana warga Desa Pleret memanfaatkan Co-working Space Gerbang Pleret sebagai pusat kolaborasi dan inovasi di komunitas mereka.

Ketua Forum Camat se-Kabupaten Indragiri Hulu, Elpahri Adha, S. Sos, mengungkapkan, "Kunjungan ini memberikan wawasan yang sangat berharga bagi kami. Kami berharap dapat memperoleh wawasan yang cukup untuk memulai inisiatif serupa di wilayah kami masing-masing."

Kunjungan ini juga menjadi kesempatan bagi Desa Digital Pleret untuk berbagi pengalaman dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik dan menghadirkan perkembangan teknologi di tengah-tengah masyarakat. Ini adalah langkah konkret dalam membangun komunitas yang berdaya guna dan berorientasi pada masa depan.

Kunjungan Forum Camat se-Kabupaten Indragiri Hulu ke Desa Digital Pleret menunjukkan kesungguhan dan antusiasme pemerintah daerah untuk terus berinovasi dalam mendorong kemajuan masyarakat melalui digitalisasi. Semoga kunjungan ini dapat menghasilkan ide-ide brilian untuk pembangunan yang lebih baik di masa depan.