Lulusan Pawiyatan Bahasa Jawi Kalurahan Pleret Adakan Rakor Persiapan Festival Adat dan Tradisi

07 September 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 386 Kali
Lulusan Pawiyatan Bahasa Jawi Kalurahan Pleret Adakan Rakor Persiapan Festival Adat dan Tradisi

InfoPleret - Sebagai tindak lanjut kegiatan Pawiyatan Bahasa Jawi  yang pernah diadakan oleh  Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul di Kalurahan Pleret sebagai salah satu Kalurahan yang telah memperoleh predikat Rintisan Desa Budaya. maka selanjutnya akan diadakan acara Festival Adat dan Tradisi Budaya Jawa. Kegiatan ini di danai oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul. Berkenaan dengan acara ini lulusan peserta Pawiyatan Bahasa Jawi Kalurahan Pleret pada hari Rabu (6/9/2023) mengadakan rapat koordinasi persiapan festival adat dan tradisi budaya jawa.

Dalam rapat koordinasi ini ditunjuk sebagai ketua panitia yaitu Bapak Muhammad Sholikhan. Setelah melaksanakan musyawarah disepakati bahwa festival adat dan tradisi yang akan diperagakan berupa acara boyongan manten. Pelaksanaan kegiatan festival ini disepakati pada hari Senin tanggal 18 September 2023 di Gerbang Pleret. Selain itu juga memutuskan susunan kepanitian dan paraga boyongan manten yang akan tampil dalam festival adat dan tradisi budaya jawa.

Diharapkan dengan kegiatan festival adat dan tradisi budaya jawa ini lulusan peserta pawiyatan bahasa jawi Kalurahan Pleret dapat belajar mempraktekan dan menerapkan ilmu yang diperoleh selama pawiyatan sehingga kemampuan dan ketrampilannya akan semakin meningkat.