Penanganan Laporan Tawon Pespa di Dusun Kerto Kidul, Bantul: FPRB Bergerak Cepat

03 April 2024
Rifqi Fatoni
Dibaca 33 Kali
Penanganan Laporan Tawon Pespa di Dusun Kerto Kidul, Bantul: FPRB Bergerak Cepat

InfoPleret - Pada Selasa malam, tanggal 2 April 2024, kegiatan penanganan laporan mengenai keberadaan sarang tawon pespa menjadi fokus utama oleh Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB) Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul. Lokasi sarang tawon yang menjadi sorotan terletak di sebelah timur Pondok An-Nikmah, Kanggotan Kidul, RT 09, Kalurahan Pleret.

Korlap FPRB, Tono Purwanto, menegaskan urgensi dari penanganan ini, mengingat potensi bahaya yang dapat ditimbulkan bagi warga setempat. Dengan bergerak cepat, FPRB berupaya untuk mencegah kerugian yang dapat disebabkan oleh gangguan yang ditimbulkan oleh tawon pespa tersebut.

Tawon pespa, atau yang sering disebut sebagai *Vespa affinis*, merupakan salah satu jenis serangga yang memiliki sengatan yang cukup berbahaya dan dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius pada manusia. Sarang tawon yang terletak di dekat permukiman warga tentunya menjadi ancaman serius bagi keselamatan mereka, terutama bagi anak-anak dan lansia yang rentan terhadap serangan tawon.

Upaya penanganan yang dilakukan oleh FPRB tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan sarang tawon pespa tersebut, tetapi juga untuk mencegah kemungkinan terulangnya kejadian serupa di masa mendatang. Hal ini dilakukan melalui pemantauan dan tindakan pencegahan yang lebih intensif terhadap lingkungan sekitar.

Warga setempat sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh FPRB dalam menangani masalah ini dengan cepat dan efisien. Diharapkan dengan adanya tindakan ini, mereka dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari tanpa khawatir akan ancaman dari sarang tawon pespa tersebut.