Fasilitas Wifi Padukuhan dari Kominfo Bantul Sangat Bermanfaat bagi Para Pedagang Klitikan Kanggotan

28 Mei 2024
Rifqi Fatoni
Dibaca 30 Kali
Fasilitas Wifi Padukuhan dari Kominfo Bantul Sangat Bermanfaat bagi Para Pedagang Klitikan Kanggotan

Bantul, 28 Mei 2024 - Diskominfo Bantul telah memasang fasilitas internet gratis melalui wifi di Pasar Klitikan Kanggotan, sebuah langkah yang sangat diapresiasi oleh para pedagang dan masyarakat sekitar. Fasilitas ini merupakan hasil kerja sama antara Diskominfo Bantul dengan Pemerintah Kalurahan Pleret Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul, yang bertujuan untuk meningkatkan akses digital di wilayah tersebut.

Pasar Klitikan Kanggotan, yang menjadi pusat pedagang klitikan dan kuliner warga setempat, kini dilengkapi dengan akses internet gratis yang dapat dimanfaatkan oleh para pedagang untuk keperluan bisnis sehari-hari. Dengan adanya fasilitas wifi ini, para pedagang dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usaha mereka, terutama dalam hal digital marketing. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan dan daya saing para pedagang di era digital saat ini.

Salah satu pedagang klitikan, Wakhid Sururi, yang juga merupakan anggota Badan Keswadayaan Masyarakat (Bamuskal) wilayah Kanggotan, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif ini. Dalam testimoninya, Wakhid menyatakan bahwa keberadaan wifi gratis sangat membantu para pedagang dalam mengakses informasi dan berkomunikasi dengan pelanggan. "Fasilitas ini sangat membantu kami dalam menjalankan bisnis sehari-hari, terutama dalam hal promosi dan pemasaran online," ujar Wakhid.

Selain bermanfaat bagi para pedagang, fasilitas wifi ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Akses internet gratis tersebut dapat digunakan sebagai sarana edukasi dan fasilitasi digital online. Anak-anak sekolah dan mahasiswa di wilayah tersebut kini memiliki kemudahan untuk mengakses sumber belajar online, mengerjakan tugas, dan mengikuti pembelajaran jarak jauh. Selain itu, masyarakat umum dapat memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan, seperti mencari informasi, berkomunikasi, dan mengakses layanan publik secara online.

Dengan adanya fasilitas wifi gratis di Padukuhan Kanggotan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pemanfaatan teknologi digital. Inisiatif ini menunjukkan komitmen Diskominfo Bantul dan Pemerintah Kalurahan Pleret dalam mendukung transformasi digital di Kabupaten Bantul, sekaligus memperkuat sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi tantangan era digital.

Kerja sama yang baik antara berbagai pihak dalam menyediakan fasilitas ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan akses dan literasi digital di masyarakat. Ke depan, diharapkan akan lebih banyak lagi inisiatif serupa yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat luas.